>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Menggapai Malam Kemuliaan


Satu hari Rasulullah saw berkumpul bersama para sahabatnya. Kala itu Rasul saw bercerita tentang seseorang yang sangat shalih dan kuat dari kalangan Bani Israil bernama Syam'un, atau yang sekarang dikenal sebagai Samson. Selama perjalanan hidupnya, Syam'un selalu berjihad siang hari di jalan Allah dan malamnya ia habiskan untuk beribadah. Itu semua ia lakukan selama 1000 bulan.

Dalam riwayat lain, Nabi saw juga menceritakan empat orang Nabi Bani Israil. Mereka semuanya menghabiskan waktu 80 tahun untuk berbakti dan beribadah kepada Allah, sedetikpun mereka tidak pernah bermaksiat kepada-Nya. Keempat Nabi itu adalah Nabi Ayyub as, Nabi Zakariya as, Nab Ezkil as dan Nabi Yusy'a as (Yeyasa).

Mendengar kisah-kisah menakjub­kan itu para sahabat berdecak kagum, namun sekaligus mereka bermurung diri karena merasa tidak mungkin bisa menyamai amalan para pendahulunya itu. Hal ini membuat Nabi saw terdiam, ia turut termenung memikirkan usia umatnya yang rata-rata pendek ini. Nabi saw turut bersedih karena mustahil umatnya bisa menandingi ibadah-ibadah umat-umat terdahulu.

Dalam kesedihan Nabi saw itu, datanglah Jibril as, diutus untuk menyampaikan khabar gembira dari Allah SWT melalui surat Al-Qadar. Allah dengan segala kasih sayangnya yang tak terhingga mendengar keluh kesah hati Nabi saw hingga la mengkarunia­kan Lailatul Qadar kepada umat Muhammad yang berumur pendek ini. Allah menganugerahkan satu malam yang kemuliaannya setara dengan ibadah selama 83 tahun 4 bulan atau 1000 bulan, bahkan lebih.

Keutamaan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar disebut sebagai malam mulia, karena pada malam inilah Al-Quran diturunkan dari Lauhil Mahfuzh ke langit bumi. Dan pada malam ini pula Nabi saw menerima wahyu yang pertama dari Allah swt. Hal ini diabadi­kan dalam firman Allah surat Al-Bagarah ayat 185:
"Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil.)"

Juga dalam surat Al-Qadar ayat 1:
"Sesungguhnya Kami telah menurun­kan Al-Qu'ran pada malam kemuliaan:”
Hingga tak salah jika pada malam mulia ini amal ibadah manusia akan dilipatgandakan balasannya melebihi ibadah 1000 bulan. Dalam hadits An­Nasa'l dijelaskan pula Ralulullah SAW bersabda:
"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Allah telah mewajibkan bagimu puasa­Nya. Didalamnya terdapat satu malam yang lebih mulia dari 1000 bulan. Barangsiapa tidak diberikan kebaikan­nya, maka sungguh dia tidak memberi­kan kebaikan."
Dan dengan izin Allah pada malam mulia ini pula para malaikat turun ke bumi,
“Pada malam itu turun para malaikat dan 'ruh' dengan izin Allah untuk
mengatur semua urusan"
(QS Al-Qadar:4)

Dalam menafsirkan lafadz warruhu ini para mufassir berbeda pendapat, sebagian besar mufassir bersepakat bahwa yang dimaksud dengan ruh disini adalah malaikat Jibril as. Karena malaikat Jibril mempunyai kedudukan yang khusus diantara para malaikat, sehingga is disebut secara terpisah. Sedangkan sebagian lain berpendap­at bahwa yang dimaksud dengan ruh disini adalah malaikat yang sangat besar melebihi besarnya langit dan bumi. Ada juga sebagian lain yang menafsirkannya sebagai sekelompok malaikat yang hanya muncul pada malam Lailatul Qadar.

Namun dibalik perbedaan itu, para ulama tidak berselisih faham bahwa pada malam itu para malaikat turun dengan membawa kebaikan. Karena pada malam inilah para malaikat dan Nabi Adam as diciptakan. Dan pada malam ini pula menurut sebuah hadits dalam kitab Durrul-Mantsur Nabi lsa as diangkat ke langit.

Para malaikat akan berarak me­nyampaikan salamnya secara bergiliran seperti tentara kepada orang-orang yang kebetulan ditemukan sedang beribadah. Jika sekelompok malaikat naik, maka kelompok malaikat lainnya turun. Rahmat serta keberkahan pada malam itu akan terus berlangsung sepanjang malam hingga turun fajar.

Ulama berselisih pendapat me­ngenai kepastian terjadinya malam qadar, namun secara umum lailatul qadar akan terjadi pada malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir Ramadhan. Sebagaimana diriwayatkan Ahmad dari Ubaidah ibn Shamit, Rasulullah saw mengabarkan:

"Lailatul Qadar didalam bulan Ramadhan, yaitu pada bulan yang akhir, malam tanggal 21, atau malam 23, atau pada malam tanggal 25 atau malam 27, atau pada malam tanggal 29 atau malam yang terakhir di bulan Ramadhan. Barang siapa melakukan qiyam (Mendirikan shalat tahajjud, membaca Quran, meningkatkan ihsan dan sedekah, I'tikaf serta beristighfar. red) pada malam itu karena didasari iman dan mengharapkan pahala dan ridha Allah SWT, maka diampuni dosa­-dosanya yang lalu dan akan datang"

Dalam membaca Al-Quran, para ulama menyarankan selain kita mem­bacanya secara murattal sesuai runutan surat-suratnya, kita juga dianjurkan untuk melanjutkannya dengan mem­baca ayat-ayat yang pahala dan keutamaan­nya banyak. Namun tidak disukai jika terlalu memilah-milah. Diantara ayat-­ayat tersebut ialah Ayat Qursi, dua ayat terakhir dari surat Al-Bagarah, surat Yasiin, surat Al-Zalzalah, surat Al-Kafirun dan surat Al-lkhlas. Wallahu'alam.
(Sumber : Hikayah, Edisi.09 th III – Ramadhan 1426/Oktober 2005)


SalaMAA @ 6:14 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Mau Cerdas? Ya, Puasa...!

Sayur Kacang Merah

Selalu Tampil Segar di Bulan Puasa

Kolak Bola-Bola Kentang

Kekuatan Do’a

KEKHUSUSAN DAN KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN

Serangan Jantung

Mumpung di Belanda Lihat Pasar Keju Alkmaar

Kim Lo

Perawatan Tubuh, Rambut dan Wajah


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA