>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Kabar dari Turku


Oleh : Dianti Amelia – Eindhoven - Turku

Alhamdulillah, sudah sekitar 1,5 bulan kami bermukim di tempat baru. Selasa tanggal 12 Juni lalu kami berangkat lewat Koln, nginep dulu di rumah mba Dea:). Baru deh Rabu paginya berangkat ke Helsinki dan sampe juga deh kami di kota Turku *bukan Turki*, 3 jam naik bis dari Helsinki. Jadi insyaAllah untuk 2.5 bulan ini kami bakal kemping di sini deh:).
Beberapa hari pertama tinggal disini rasanya sedih banget karena belum ada internet, di jalan2 ga pernah ketemu sama muslimah2 lain, mana bahasanya ga ngerti sama sekali (bahasa yg digunakan disini adalah bahasa Swedia & Finnish), dah gitu orang2 sini ga seramah orang Belanda, malah ga jarang orang2 sini ngeliatin dengan tatapan aneh :(. (ge-er aja sih bunda:p). Tapi bener dehh, kalau dipikir2 orang Belanda (local & imigran) itu ramah2 sekali, walau hanya berpapasan ga jarang mereka negur duluan (negur saya atau Majid) dan mereka akan menjawab dengan senang hati kalau kita nanya atau minta tolong:).
Komunitas muslim disini memang ga sebanyak di Belanda atau Jerman. Kalau di Belanda & Jerman akan dengan mudahnya kita temui ibu2 berjilbab asal Turki atau Maroko, maka disini susah banget nemu ibu2 berjilbab. Beda dengan Jerman & Belanda dimana komunitas muslim biasanya mayoritas berasal dari Turki & Maroko, maka kalau disini komunitas muslimnya kebanyakan berasal dari Irak & Somalia. Kalau untuk makanan halal, alhamdulillah dekat rumah ada 3 toko Irak yang jualan daging & produk2 halal. Menurut Bapak penjual, daging2 itu asalnya dari Swedia dan Denmark. Sayangnya kita belum nemu fresh meat yang halal, semua yang dijual kebanyakan daging frozen.
Mengenai kotanya, Turku konon merupakan kota tertua di Finland. Dan seperti kota2 tua lainnya di Eropa, biasanya ada katedral dan deket sungai (kita tinggalnya deket katedral & sungainya). Lumayan sih jadinya, bener2 ganti suasana yang cukup berbeda dengan Eindhoven yang merupakan brainport nya Belanda:).
Selain itu karena banyak bangunan2 & gedung2 tua, suasananya jadi mengingatkan sama suasana kota Bandung, minus FO (Factory Outlet) tentunya;). Jalanan di sini banyak yang berbukit2, naik turun, jadi lumayan capek juga buat kita yang ke mana2 jalan kaki sambil dorong Majid:p.
Nah kalo gambar di samping ini adalah sungai Aura, sungai deket rumah tempat Majid jalan2 pagi/sore sambil makan atau sekedar ngeliatin burung:p. Tapi kalo lagi panas males euy kesini, soalnya suka banyak orang berjemur:(. Oh iya, disini juga banyak pengguna sepeda kaya di Belanda, tapi ga sebanyak di Belanda lah:). Sepedanya rata2 model sepeda federal (sepeda gunung) gitu, bukan seperti di Belanda yang biasanya model sepeda kumbang. Bedanya pengguna sepeda disini kebanyakan pada pakai helm hehehe. Jadi lucu gitu deh, berasa liat orang mau balapan sepeda:p.
Beberapa hari tinggal disini juga lumayan mengingatkan akan kampus NTU dulu, model lingkungannya asri & bersih sekali. Mungkin juga karena kebetulan kita tinggalnya dilingkungan kampus ya:). Kota2 disini keliatannya memang lebih bersih daripada kota2 di Belanda, di jalan2 ga pernah terlihat pecaha2an botol minuman bekas orang minum2 (padahal disini banyak juga orang yg suka minum2) ataupun kotoran binatang yang tercecer sembarangan. Karena sedang musim panas, siangnya panjaaaaang sekali. Biasanya waktu magrib itu sekitar jam 23.00 dan jam 02.30 sudah masuk waktu subuh. Tapi sejauh ini kita belum pernah ngerasain malam yang benar2 gelap, karena walaupun sudah masuk waktu isya tetep aja masih ada cahaya matahari, jadi suasananya masih tetep terang malu2 gitu:p. Kalau ga salah istilahnya midnight sun ya. Karena siangnya panjang banget, tidurnya juga jadi bingung, karena diluar terang terus jadi kita mesti kreatif sendiri ngatur 'malam'nya kita. Selain itu bingung juga magrib, isya & subuh nya mepet2 di tengah malam. Majid juga jam tidurnya jadi mundur banget, paling cepet tidur malem itu jam 23.00. Tapi ada enaknya juga, karena siang hari tambah panjang, kalau Ayah pulang kantor kita masih bisa jalan2 meng-explore kota dulu:).Walau lagi summer kayanya sejauh ini belum sepanas summer taun lalu (belum masuk puncaknya summer kali ya?). Alhamdulillah sejauh ini sih suhu berkisar 20-25 derajat aja, kalau di luar masih tetep dingin & berangin, tapi kalau di dalam ruangan sudah cukup membuat Majid berkeringat hehehe. Yang di tempat lain gimana nih sekarang2 ini? udah mulai lebih dari 25 derajat?:)
Duh, rasanya kangen deh sama Eindhoven *apalagi sama Depok:p*. Kangen sama temen2 disana, kangen oma2 yang suka nyapa di jalan:p, kangen belanja di pasar sabtu & Kruisstraat hehehe. Disini juga ada wet market kaya pasar sabtu gitu sih, tapi kalo belanja disini pusing euy, harga barang2 disini rasanya mahal sekali. Kurang lebih bisa 1.5x nya harga barang2 di Eindhoven. Awal2 sampai disini yang dicek pertama kali adalah harga sayur & barang kebutuhan Majid. Pas liat harga pampers, woww 15.99 eur (di Etos kalo diskon 25 eur dapet 3 lohh). Belum lagi harga sayur, ayam, daging, dll, sebungkus wortel aja yg di Edah biasanya kurang dari 1 eur disini harganya 1.5 eur *duh daku emak2 sekali sih:p*. Wuihhh kalo kelamaan disini tekor terus deh:p.


SalaMAA @ 12:09 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Tumis Udang Pedas met Bayam

Hatiku Bukan Pualam

Es Pipis kopyor

Sekilas Workshop Salamaa

Toleransi Agama Islam terhadap Non Muslim di Eropa

Bali Indah Travel Siap “24 jam”

Membentuk Kepribadian Muslimah

Tumis Daging Kambing Manis-Asam-Pedas

Hal Ringan yang Membuat Anda Sehat

Sayap Ayam Loli


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA