>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Pendidikan Seks di Sekolah Dasar


Obrolan Salamaa mengenai pendidikan seks di sekolah dasar Islam

Pendidikan seks saat ini sudah menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah dasar, khususnya di Belanda ini. Seringnya kita sebagai orang tua merasa merinding, kalau membayangkan apa yang akan didapat anak-anak kita dalam mata pelajaran ini. Belum lagi membayangkan bagaimana kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak tentang hal tersebut.


Kalau kita pikirkan lagi, lebih baik anak-anak memperoleh pengetahuan tentang seks dari lembaga resmi dan bertanggungjawab (dalam hal ini sekolah), daripada mereka mendapatkan informasi tersebut dari sumber-sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya televisi, teman-teman, internet dan lain-lain.

Tips para ahli kepada para orang tua adalah banyak membaca, baik buku, majalah maupun internet dan bertanya kepada ahli, itu resep jitu agar bisa menjawab pertanyaan anak seputar masalah seks (nakita : Mendidik Anak Lelaki dan Perempuan).

Beberapa waktu lalu di milis Salamaa, ada salah satu ibu yang berbaik hati bagi-bagi informasi mengenai pendidikan seks yang di dapat anaknya dari sekolah. Tentu saja ini menarik untuk para ibu yang lain , sebagai gambaran apabila nanti tiba gilirannya anak-anak mereka mendapatkan pendidikan seks juga di sekolahnya.

Khairina :
Assalammualaikum wa Rahmatullahi wa Barokhatuh
Lagi cari2 info tentang pendidikan seks untuk anak2, karena Annisa mulai bulan kemarin dapat pendidikan seks di sekolah untuk 5 kali pertemuan. Dia biasanya kalau dapat itu suka cerita2 sama daku di rumah. Kadang aku merinding juga ngedengarnya. Untuk mengimbanginya daku kan perlu persiapan, biar gak tiba2 pingsan ngedengirinnya. Jadi lagi rajin surfen di internet.

Agnes :
Wa'alaikumsalam. ..Waah pantesan, lagi puyeng ya rupanya kak nina hehe. Btw Annisa itu grup berapa ya kak nina? trus boleh dong dibagi disini annisa diajarin apa aja sama sekolahnya soal pendidikan seks ini kak nina.Pan bisa buat antisipasi orangtua disini yang mesti juga bakal ngalamin sendiri beberapa tahun kedepan. So kak nina bagi-bagi ceritanya ya soal Annisa:-) mesti bermanfaat deh buat ibu2 disini, at least buat aku hehe

Erita :
WaƔlaikumsalam...wah..! ada konsultasi seks nih untuk anak2x....wah...! perlu banget kayaknya nih terutama kita yg tinggal disini... bagus juga kalo ada disini.Aku stuju ama bun Agnes...critain aja Mba Nina pelajaran seks yg gimana yg didapat Annisa di sekolahannya dan pertanyaan2x apa sih yg utarakan rata2x anak tuh!...hanya buat persiapan tuk masa dateng tuk ngadapin Rido

Khairina :
Assalammualaikum wa Rahmatullahi wa Barokhatuh,
Memang topik ini menarik juga dibicarakan. Buat sharing kita para emak2 yg punya anak menginjak remaja. Sekedar sekilas saja dariku, Alhamdulillah karena Annisa sekolah di sekolah Islam, jadi pendidikan seksnya di masukin unsur agamanya.

Di bawah ini rangkuman dari penjelasan Asma Claassen, guru IBS El Furkan
Pelajaran ini untuk anak2 groups 7 dan 8 (Jadi buat anak2 umur 10 dan 11th). Pertama saya agak kaget juga koq anak2 sekecil itu sdh dapat. Tapi Annisa bilang temennya di groups 7 (jd 10 th) sudah ada yg haid. Jadi pantes saja. Nah waktu pelajaran ini anak laki2 dan perempuan dipisah. Jadi ada dua kelompok. Untuk anak laki2 diajari oleh guru agama laki2 sedangkan anak perempuan dengan guru agama perempuan. Jadi enak ya.

Pertemuan pertama, membahas masalah perbedaan organ tubuh laki2 dan perempuan. Kemudian perubahan tubuh laki2 dan perempuan waktu mulai dewasa. Seperti untuk laki2 tumbuh rambut di muka seperti kumis jambang, suara berubah, tumbuh rambut didaerah kemaluan dan ketiak, serta zakar yg sudah mulai produksi. Untuk perempuan datang haid, kenapa datang haid, perubahan dipinggul dan didada, dan tumbuh rambut di daerah kemaluan dan ketiak. Kemudian tanda2 yang disebut baligh buat laki2 (seperti mimpi dan perubahan suara) dan perempuan (dapat haid). Nah yang disisipi agama adalah waktu baligh apa saja yang harus diperhatika anak perempuan dan laki2. Pertama pergaulan harus sudah terbatas tidak boleh bebas. Kemudain batas2 aurat anak perempuan dan laki2 yang tidak boleh dilihat orang. Bagaimana berbusana muslimah yang sebenarnya. Kalo sudah baligh anak perempuan kalo tidur dengan temannya sesama perempuan tidak boleh satu selimut (selimut harus terpisah), tidak boleh mandi bersama dll.

Pertemuan selanjutnya mengenai masalah yang lebih pribadi, yaitu alat reproduksi laki2 dan perempuan. Disini dijelasin asal sel telur dan perjalanannya, rahim sampai saluran dan 'maaf' vagina. Kenapa waktu haid keluar darah kenapa kalo hamil tidak haid. Kemudian dijelasin juga tentang alat kelamin laki2 dimana produksi 'benih' laki2, bagaimana bentuk alat kelaminnya kalo lagi tidur dan bagaimana kalo lagi bangun (nah yg ini bikin aku panas dingin, soale si guru ngegambari "modele" dan si anak2 juga ikut ngegambar dibukune, kan aku jadi kaget waktu dilihatin ama Annisa itu barang hi..hi.. se-umur2 yg sudah 43 th didunia fanah ini aku belum pernah ngegambar itu apa lagi dicontohin guru ngegambari wueleh..wueleh...)

Selanjutnya tentang hubungan suami istri, bagiamana bisa hamil. Bagaimana si benih laki2 bisa sampai ke rahim perempuan (ini juga digambari lho). Nah waktu Annisa cerita ttg ini dgn malu2, jantung ku gedebag gedebug juga, tapi wajah dan sikap dipaksain wajar2 saja. Lagi2 ama gurunya disisipi agama, ttg haramnya berzinah, akibat seks bebas. Kalo mau melakukan ini setelah menikah dll.

Nah gedebag-gedebugku akhirnya terbukti juga, yaitu ketakutanku kalo dia bertanya. Ternyata dia bertanya, "bagaimana Annisa bisa ada sedangkan mama dan papa kalo tidur suka pake baju. Bagiamana 'zaadjes' (benih) papa bisa ada di perut mama" katanya pulak...
Pertama shock juga ya ditodong begitu. Akhirnya dengan (pura2) kalm aku jawab. "Annisa kan sudah tahu dari yang sudah diajarkan, jadi mama tidak perlu kasih penjelasan lagi. Dalam Islam Rasulullah SAW pernah bilang, " Barang siapa melakukan hubungan suami istri di balik tirai. Kemudian setelah selesai dia ceritakan apa yang telah dia lakukan secara detail itu ke orang lain, itu sama dengan penzinah.Allah sangat marah kepadanya. Jadi masalah seperti itu tidak perlu diceritakan. Itu rahasia suami istri".
Akhirnya dia manggut2 dan mengerti, sambil senyum malu2. Ya Allah rasanya gimana ya bicara dan menjelaskan yg sangat intim dengan anak.

Dalam pertemuan terakhir dijelaskan tentang tatab cara mandi junub (mandi wajib) yg harus dilakukan setelah selesai menstruasi atau setelah suami-istri berhubungan intim. Tentang dilakukannya khitan (sunat) pada anak laki-lak untuk tujuan kesehatan dan kebersihan. Anak laki-laki juga harus mencukur pendek rambut kemaluan & ketiaknya, mencukur kumisnya serta memotong pendek kukunya paling lambat setiap 40 hari. Merekapun diharuskan untuk selalu rapi & menyisir rambutnya.






SalaMAA @ 1:06 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Bakso Kojek

Pepes Tahu

Aneka Kuis & Lomba di Hilversum!

Komitmen Muslim Eropa Terhadap Islam

Jaket Kulit Oh Jaket Kulit...

Marshmallow Buatan Sendiri

Dendeng Lado Batokok

Selamat Idul Fitri

Tata cara puasa Rasulullah

Telur Dadar Gezond


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA