>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Jaket Kulit Oh Jaket Kulit...


Oleh Senaz N - Groningen

Cuaca di Groningen akhir-akhir ini sudah mulai dingin, meskipun belum mencapai minus derajat. Tapi kalau aku bangun subuh dan ngeliat ramalan cuaca di internet kadang-kadang tertulis feels like -2 derajat Celcius. Sepertinya tahun ini musimnya agak-agak bergeser alias telat. Atau jangan-jangan tahun ini memang musim winternya tidak terlalu dingin???


Ga tau juga sih, soalnya aku emang ga pernah ngikutin berita nasional di TV ataupun di koran(Belanda). hehe. Mendingan nonton CNN deh ;p. Yang jelas sih, kalau tahun lalu akhir Desember udah dipenuhi oleh salju di sini.

Ngomong-ngomong tentang salju, aku jadi inget 2 tahun lalu ketika winter di sini. Khusus untuk menghadapi winter itu aku beli jaket kulit. Aku beli jaket kulit itu di butik khusus menjual segala sesuatu dari kulit(jaket, tas, dompet,dll). Pokoknya tokonya berkelas banget deh, karena mereka ngejual 100% kulit asli(bukan sintetis dan sejenisnya). Dan memang, kalo diliat harga barang2nya ga ada yang dibawah 100euro. hmm, malah kayaknya ga ada deh yang 100euro pas..yang ada 199euro sekian deh. hehe. Nah, dari pertama kali menginjakkan kaki ke Groningen emang udah naksir aja sama barang2 yang ada di situ. Cuma aku tahan-tahan, krn emang harganya di luar jangkauan kami . Jadi semenjak tau harga barang2nya selangit, aku ga pernah memalingkan pandanganku ke butik tsb, meskipun sekedar window shopping(takut malah mimpi ga kesampaian..hihi).

Lalu, pada suatu hari tanpa sengaja aku melihat bagian etalase toko tersebut dipenuhi stiker2 dgn tulisan aanbieding(baca:diskon). Wah, langsung aja aku ajak suamiku ke sana. just in case ada yg murah & bagus, jd aku bisa minta langsung beliin gituuuh ;p. Dan bener loh, ternyata harganya lumayan miring. Akhirnya aku coba model yang kira2 pas di badanku & tentunya cari yg harganya bener2 miring. Dan terbelilah si jaket kulit itu.

Wuaa, senengnya minta ampun deh pas dapet jaket kulit itu. Karena emang cuaca di sini yang dingin banget, cocok bgt kalo punya jaket kulit(apalagi kl asli & buatannya bagus). Angin dingin tuh ga berasa deh di badan kalo pake jaket kulit ituh. Pokoknya si jaket kulit menjadi temen setiaku selama musim dingin 2 thn lalu.

Trus, beberapa bulan kemudian ada seorang temen suamiku yg tiba2 nelpon ke suamiku. Dia pengen beli jaket kulit, cuma ternyata kulit tsb kulit babi. Jadi, sebelum beli dia nanya ke suamiku, apakah di Islam diperbolehkan memakai jaket kulit babi? Lalu dijawab oleh suamiku, bahwa sepengetahuan suamiku, babi itu menurut Islam haram untuk di makan. Berbeda dengan anjing yang hukumnya najis bila kita terkena dgn air liurnya. Jadi sebenernya memakai jaket kulit babi ga masalah, hanya saja ada hukum lain yg jg mengatakan bahwa kita(muslim) jg dilarang untuk memperjual belikan babi(dlm bentuk apapun). Jadi, suamiku menganjurkan ke temannya untuk tidak membeli jaket tsb.

Tentu aja masalah ke halalan jaket kulit babi tsb sempat menjadi perbincangan kami di rumah. Kami berdua merasa geli dengan kejadian itu. Karena teman suamiku itu sempet keukeh mo beli jaket kulit tsb dgn alasan modelnya bagus. Lalu, tiba2 terceletuk dari mulut suamiku "wah, jangan2 jaket kulit senaz dari babi juga lagi?"(dgn gaya becandanya dia). Trus, aku yg tadinya ikut cekikikan tiba2 jd diam. Diam karena kaget dgn pertanyaan iseng itu kali ya. Karena emang jujur aja, waktu beli jaket itu sama sekali aku ga kepikiran bahwa jaket yang aku beli bisa jadi kulit babi. Yang ada di pikiranku ya jaket kulit sapi. Makanya pas beli jaket tsb, aku ga liat di tag jaketnya atopun tanya ke si penjualnya ttg asal kulit dari jaket itu. Wah, langsung panik dong aku & buru2 buka lemari pakaian dimana aku gantung si jaket kulit itu. Trus, karena takut kecewa dgn tulisan di tag jaket itu, jadi aku minta tlg suamiku tuk bacain ajah~sementara aku nunggu dgn gelisah. Ga lama suamiku bilang "leer van varken"(baca: kulit babi). Duuuuh, langsung deh seketika aku bete. Iya lah bete, krn dgn tau bahwa jaket kulitku itu tnyata kulit babi, otomatis hrs aku buang dong. Dan berarti aku dah rugi, krn ngeluarin uang tuk beli jaket ituh(meskipun belinya diskon, tetep aja namanya uang kaaan). Ya sudahlah. Harus ikhlas. Sempet sih kepikiran, kalo misalkan aku ga cek asal kulit dari jaket itu, mgkn sampe sekarang aku masih make jaket kulit ituh. Kan kalo kita ga tahu, berarti ga dosa kan ya?(kalo ga salah loh) cmiiw..hihihihi..Emang, kalo merantau apalagi di negara yg mayoritas penduduknya atheis ini harus lebih ati2 kalo belanja. Aku kira yg perlu ati2 cuma kalo beli makanan doang. Huh, ternyataaaa..

Jadiii, intinyaaa..bagi temen2 yang mo beli jaket kulit ati2 deh. Di liat tag jaketnya. Ato kalo perlu pastiin ke si penjualnya bahwa jaket tsb tdk berasal dari kulit babi. Biar ga keburu ngeluarin uang tuk hal yg sia2.


SalaMAA @ 3:36 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Marshmallow Buatan Sendiri

Dendeng Lado Batokok

Selamat Idul Fitri

Tata cara puasa Rasulullah

Telur Dadar Gezond

Pastel Tuna

Materi POL (Pengajian On Line) Salamaa, Ramadhan 1...

Hadis Rasulullah SAW akan Ramadhan # 1

Es Cocktail Merah Jambu

Perkedel Tahu


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA