>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Materi POL (Pengajian On Line) Salamaa, Ramadhan 1427 H pekan # 1

Oleh: Ustadz Adi Junjunan Mustafa
Moderator: Nurul Hidayah
Tilawah: Nona Lebeharia
Notulen: Senaz dan Endah
Materi: "Ibu, siapkan diri dan keluarga jelang Ramadhan"

herry2
Alhamdulillahirobbil'alamiin... Alladzi hadzana lii hadza wamah kunna
linah an hadanaAllah, Allahumma sholi wassalim wabarik a'ala sayidina Muhammadin wa'ala alihi wasohbihi ajma'in.

Akhwat sekalian kaum muslimah yang berbahagia yang saat ini kebanyakan mungkin berada di negeri kincir angin Belanda, Assaalamu'alaikum wr wb. Alhamdulillah kita panjatkan puji kepada Allah SWT, insyaAllah dalam dua-tiga hari hari ke depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, di mana Allah SWT menyediakan bagi kita di dalam bulan Ramadhan ini banyak sekali keberkahan, kebaikan yang berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan yang lain.

Allah SWT berfirman di dalam QS Al Baqarah 183. "Wahai orang-orang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian. Mudah2an kalian dengan ibadah puasa ini senantiasa menjadi orang-orang yang senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT." Dalam ayat ini kita menemukan tujuan dan harapan bagi orang-orang beriman yang diseru untuk melaksanakan ibadah puasa untuk selalu menjadi orang-orang yang bertaqwa. Kita melihat dalam ayat ini, "Mudah-mudahan kalian menjadi orang-orang yang menjalankan amalan yang dilandasi oleh ketaqwaan." Kita sebagai orang-orang yang telah dipanggil oleh Allah SWT selayaknya dan sepantasnya melakukan persiapan-persiapan agar ketika kita benar-benar menjalankan ibadah puasa, kita dapat meraih satu kondisi terbaik yakni menjadi orang-orang yang bertaqwa pada Allah SWT.

Ada satu syarat yang disampaikan oleh Nabi SAW, bahwa kegembiraan orang-orang beriman ketika menyambut bulan Ramadhan akan menjadi sebuah kondisi bagi dirinya yang akan membawa kepada kebahagiaan bagi dirinya. Dalam sirah kisah-kisah para sahabat, mereka begitu bersuka cita dengan hadirnya Ramadhan. Ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan dalam menghadapi bulan Ramadhan.

Pertama, dan paling penting adalah persiapan wawasan dan pengetahuan tentang bulan Ramadhan itu sendiri. Bulan Ramadhan ini memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan bulan-bulan yang lain. Yang sudah pasti adalah bahwa dalam bulan Ramadhan ini, Allah SWT mewajibkan kepada orang2 yang beriman untuk berpuasa. Kemudian, keistimewaan bulan Ramadhan ini, secara singkat bulan Ramadhan ini disebut sebagai bulan Al-Qur’an (syahru Qu’ran).

Salah satu ayat Quran QS Al Baqarah: 185. Bulan Ramadhan ini disifati oleh Allah SWT dengan bulan diturunkannya Al Quran yaitu sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelas bagi petunjuk yang Allah turunkan bagi umat manusia. Karenanya di dalam ayat itu dikatakan, "Maka barangsiapa yang melihat hadirnya bulan Ramadhan maka berpuasalah." Ada beberapa penafsiran yang bahkan mengatakan bahwa huruf "fa" dalam ayat ini berfungsi sebagai alasan dan sebab. Oleh karenanya dipilihnya oleh Allah SWT bulan Ramadhan sebagai bulan berpuasa adalah karena diturunkannya Al Quran pada bulan Ramadhan ini. Ini adalah salah satu dari kesimpulan yang dituliskan oleh dua orang ulama Salim Al Hijali dan Ali Hasan Abu Hamid dalam kitab "Sifat Nabi SAW dalam Menjalankan Shaum".

Jadi Ramadhan ini, sekali lagi disifati sebagai "syahru Qur'an". Sebagaimana para sahabat berkata bahwa kegiatan utama kami, di luar puasa selama bulan Ramadhan adalah berinteraksi dengan Al Quran dengan memperbanyak tilawah, menghapal, dan mentadabburi Al Quran.

Kemudian hal yang kedua yang menjadi keistimewaan bulan Ramdhan adalah sebagaimana diungkapkan dalam hadis sahih riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, bahwa pada bulan Ramadhan ini pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, dan dibelenggu semua setan. Tentu saja kita sebagai seorang yang beriman sangat ingin sekali bisa masuk ke surga dengan segala kenikmatan dan terhindar dari neraka dengan segala siksa yang pedih. Oleh karenanya bulan Ramadhan ini memberikan motivasi pada kita untuk melaksanakan semua aktivitas yang membawa kita ke surga. Bahkan Nabi SAW mengatakan bahwa ada pintu khusus di surga bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa, yakni pintu "Ar Royan".

Selama bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu. Pada saat bulan Ramadhan, orang2 beriman memiliki kedekatan dengan Allah SWT dibanding bulan-bulan yang lain, sehingga setan2 itu sulit untuk mendekati dan menggoda manusia. Kita harus aktif dalam membelenggu setan ini dan selama bulan Ramadhan, ibaratnya kita bisa menguatkan belenggu agar mereka tidak dapat mengganggu kita.

Keempat, keistimewaan Ramadhan adalah ampunan dosa dari Allah SWT. Dalam Sebuah hadis, "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keyakinan--yang ada kaitannya dengan ilmu yang kita milik dengan penghayatan yang kita lakukan, dengan penuh keimanan dan kita juga memperhatikan betul apa-apa yang menjadi kesempurnaan ibadah shaum yang kita lakukan yang paling puncak tentu saja mengharapkan ridho Allah SWT--maka akan diampuni dosa-dosa orang yang melakukan puasa itu, yakni seluruh dosa yang telah lalu." Ini tentunya sebuah karunia yang sangat besar, karena kita tentunya menyadari betapa banyak dosa yang kita lakukan.

Kelima, keistimewaan bulan Ramadhan adalah memperkuat benteng pertahanan di dalam diri kita, dalam jiwa kita. HR Imam Ahmad dan Ibnu Majah. "Puasa itu adalah benteng." Ada dua penafsiran dari hadis ini, pertama, ketika seorang itu berpuasa maka akan ada benteng pada dirinya dengan perbuatan-perbuatan maksiat. Dan kedua, ketika seorang itu berpuasa maka akan ada benteng dari dirinya dengan api neraka. Jika puasa dapat menghindarkan dari perbuatan-perbuatan dosa, maksiat dan ketidaktaatan kepada Allah SWT maka insyaAllah tentunya puasa pun akan menghindarkan kita dari api neraka.

Puasa akan memperkuat benteng pertahanan rohani. Ketika kita berpuasa kita akan merasakan kedekatan kita dengan Allah akan lebih bagus, kita merasakan betul muroqobatullah atau pengawasan dari Allah SWT sehingga kita bisa menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa membatalkan puasa atau mengurangi kesempurnaan puasa kita.

Keenam, bulan Ramadhan ini memberikan kesempatan kepada kita untuk memperoleh pahala yang besar. Di mana amalan-amalan perbuatan yang wajib akan dilipatgandakan dan yang sunnah akan dinilai sebagaimana amalah wajib. Ini adalah beberapa hal yang membuat kita berbahagia dan senang memasuki bulan Ramadhan.

Persiapan keilmuan adalah hal yang pertama harus kita siapkan dalam memasuki Ramadhan, kita harus memperbanyak wawasan tentang puasa, termasuk masalah2 yang terkait dengan fiqih sunnah untuk melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya. Beberapa hal yang terkait dengan kesempurnaan shaum yang kita laksanakan.

Terutama bagi para Ibu mari kita persiapkan dan jelang Ramadhan dengan baik. Dalam kaitannya dengan persiapan fisik, terutama bagi Ibu-ibu sendiri dan tentu bagi para suami, khususnya apabila dalam puasa ini akan mulai melatih anak2 untuk ikut berpuasa, persiapan ini tentunya terkait dengan persiapan fisik atau jasad.

Ada hal-hal yang terkait dengan sikap ketaqwaan yang ingin kita raih dari pelaksanaan puasa. Allah SWT berfirman, "Wahai orang2 yang beriman, bertaqwalah kepada Allah. Hendaklah setiap jiwa memperhatikan betul apa yang akan dihadapinya pada hari esok. Kemudian bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah akan mengabarkan apa2 yang kalian kerjakan." Kita lihat dari ayat ini bahwa perintah untuk mempersiapkan sesuatu untuk masa depan diapit dengan dua perintah taqwa. Sebagian mufasir mengatakan apabila kita menemukan perintah Allah SWT yang diapit oleh perintah-perintah taqwa seperti ini, menunjukkan bahwa perintah ini sangat penting. Oleh karenanya dalam rangka mempersiapkan fisik, bukan suatu hal yang berlebihan kalau menjelang dan dalam melaksanakan puasa, ada semacam latihan bagi kita, bagi para Ibu untuk memperhatikan nutrisi anak-anak yang akan dilatih berpuasa, agar mereka betul-betul fit dalam melaksanakan puasa. Ini tentunya bukan hanya bagi anak-anak tapi juga bagi diri kita sendiri dan semua keluarga kita.

Persiapan kedua, adalah terkait dengan pengkondisian lingkungan, mulai dari lingkungan rumah hingga lingkungan yang lebih luas. Bagaimana kita mengkondisikan supaya puasa ini betulbetul dirasakan sebagai suasana yang istimewa. Kita sudah mengetahui bahwa puasa ini istimewa tetapi manusia tetap butuh "conditioning". Di rumah, kita bisa memberikan kondisi-kondisi ini, misalnya memasang poster "Selamat Datang Ramadhan", khususnya bagi anak2, sehingga mereka mempunyai pengalaman baru selama bulan Ramadhan.

Persiapan yang lain yaitu selama bulan Ramadhan ini, kita juga mencanangkan program-program baik itu bagi diri kita sendiri, keluarga, atau lingkungan. Allah SWT telah memberikan berbagai pedoman praktis, mulai dari ibadah ritual puasa, solat wajib, solat tarawih, amal sodaqoh, qiyamul la'il, memperbanyak bacaan Al Qu'ran, memberikan makanan kepada orang2 yang bershaum khususnya yang tidak mampu, dan terutama di sepuluh hari terakhir untuk melaksanakan i'tikaf. Jika seluruh amalan Ramadhan ini kita laksanakan dengan sebaik-baiknya maka praktis kita akan mendapatkan perbaikan kualitas dalam diri kita dan juga masyarakat.

Ada baiknya selama Ramadhan ini kita juga punya pencanangan program bagi diri pribadi, misalnya, selama bulan Ramadhan ini target ingin menghapalkan surat dalam Al Qur'an, misalkan Surat Al Mulk yang barangsiapa membacanya maka Allah SWT akan mengampuni dosa2nya pada hari itu, atau bila misalkan tahun lalu khatam Al Qu'ran satu kali maka tahun ini khatam dua kali, atau khatam membaca tafsir Juz 'Amma sehingga kita bisa lebih mantap menghayati surat-surat pada juz 30 ini. Kita bisa mencanangkan program2 seperti ini, sehingga nanti ketika kita lepas dari bulan Ramadhan kita juga punya prestasi. Ini bisa kita canangkan dengan keluarga kita dengan mendiskusikannya dengan suami dan anak-anak. Agar kita bisa mempersiapkan Ramadhan dengan sesempurna dan sebaik mungkin.

Hal lain yang mungkin bisa kita canangkan, misalkan apabila di antara kita ada yang gampang marah, kita bisa berniat agar selama bulan Ramadhan agar bisa menahan amarah dan bisa memaafkan orang lain. QS Ali Imran: 134, bahwa jika surga disiapkan bagi orang2 muttaqien (bertaqwa), maka sifat2 orang bertaqwa, "Di antara sifat orang2 bertaqwa adalah orang2 yang bisa mengendalikan marahnya dengan baik dan senantiasa mudah untuk memaafkan orang lain."

Silakan sebelum memasuki Ramadhan ini kita mencanangkan program2 pribadi, program rahasia di mana hanya kita dan Allah saja yang mengetahui pun tidak apa2. Atau jika kita ingin berlomba2 dalam beramal baik (fastabiqul khairot), maka tidak salah pula jika kita bisa membuka program ini dan menargetkannya bersama2.


SalaMAA @ 5:38 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Hadis Rasulullah SAW akan Ramadhan # 1

Es Cocktail Merah Jambu

Perkedel Tahu

Marhaban Yaa Ramadhan

Puasa Sehat untuk Anak

Kepahlawanan Muslimah: Azdah binti Harits

Anak Gadis Sang Imam bag. 8

Dames en Heren

Kalio Kacang Merah

Es Campur Segar


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA