>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa


Sirih, Cengkeh & Bau Mulut

"..Ih mulutnya bau", bisik seseorang kepada kawan di sampingnya, yang langsung dijawab dengan anggukan setuju sang kawan dengan ekspresi kesal. Begitu mengganggukah bau mulut ini? Bisakah diatasi?
Sebenarnya bau mulut atau yang biasa disebut halitosis itu terjadi karena adanya peningkatan aktivitas bakteri anaerob yang menghasilkan zat yang disebut Volatile Sulfur Compound (VSCs) yang berlebih. Bakteri anaerob bukanlah bakteri yang membahayakan tubuh. Ia termasuk flora normal dalam mulut, jika dalam keadaan normal, bakteri tersebut tidak akan membahayakan tubuh. Tetapi aktivitas bakteri itu dapat meningkat apabila mulut mengandung sedikit oksigen, terutama saat mulut kering karena rendahnya saliva (air liur).
Selain itu halitosis juga dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti bila kita memakan makanan yang berbau khas seperti bawang putih atau petai, bila kita sedang berpuasa atau diet, atau juga bila ada plak, yaitu lapisan tipis terdiri dan kumpulan bakteri yang menumpuk dan menempel di permukaan gigi.

Jika kita mengalami bau mulut, agar tidak mengganggu lingkungan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Bila karena satu dan lain hal, kita belum sempat, untuk mengatasinya kita dapat pula memanfaatkan pengobatan tradisional, yaitu dengan menggunakan tanaman obat.
Umumnya tanaman obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan halitosis ini adalah sirih dan cengkeh. Berikut ini penjelasan bagaimana kedua tanaman obat ini bekerja mengikis bau yang ada di dalam mulut.

Sirih (Piper betle L.)

Sirih merupakan tanaman obat yang cukup dikenal oleh masyarakat dan sering ditanam sebagai penghias halaman. Terutama oleh para ibu-ibu, daun sirih sering dikunyah langsung disertai penyertanya yaitu gambir, kapur sirih dan buah pinang.
Sirih atau ranub (Aceh), seureuh (Sunda) atau gapura (Bugis) memiliki batang berwarna hijau kecoklatan dan tumbuh memanjat. Daunnya bewarna hijau kecoklatan, permukaannya rata, licin dan agak mengilat. Sirih dapat menghilangkan bau mulut karena daun sirih mengandung banyak senyawa fenol yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Akan tetapi daun sirih ini harus diperhatikan oleh pengguna gigi tiruan, karena senyawa fenolnya dapat menyebabkan iritasi terhadap gigi tiruan. Kandungan kimia lain dari daun sirih adalah minyak atsiri, dan salah satu komponennya adalah kavakrol. Kavakrol tersebut memiliki sifat sebagai desinfektan dan antijamur sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik pada mulut.

Cengkeh (Syzygium aromatic,rn L.)

Cengkeh termasuk salah satu rempah-rempah yang cukup terkenal di Indonesia dan diminati oleh bangsa Portugis ketika menjajah Indonesia. Umumnya cengkeh sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu penyedap suatu masakan.
Cengkeh memiliki berbagai macam nama daerah, di Aceh dikenal dengan nama bungeu lawang, di Makasar dikenal dengan nama canke, dan di Ambon dikenal dengan pualawane.
Bagian cengkeh yang digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah bunganya. Bunga cengkeh berbau aromatis, wamanya coklat dan rasanya agak pedas.

Cara pemanfaatan sirih :
Satu lembar daun sirih yang telah dicuci bersih dikunyah halus, kemudian ditahan beberapa menit dalam mulut, lalu diludahkan. Dilakukan 2 - 3 kali sehari.
2 - 4 lembar daun sirih direbus, airnya digunakan sebagai obat kumur. Dilakukan setiap pagi dan sore.

Cara pemanfaatan cengkeh:
Ambil 2 - 3 bunga cengkeh, panaskan dengan air secukupnya kurang lebih selama lima menit, lalu didinginkan. Air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari.

(Sumber: NOOR no. 12/TH.II/Desember, 2004)


SalaMAA @ 1:36 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Zaanse Schans, Jantung Wisata Wilayah ZaansOleh: B...

Ngemil Pasca LebaranNyatanya memang benar, hasrat ...

Maaf Lahir Bathin

Menghidupkan Ramadhan

Keutamaan Menghafal Al Quran

Menggapai Malam Kemuliaan

Mau Cerdas? Ya, Puasa...!

Sayur Kacang Merah

Selalu Tampil Segar di Bulan Puasa

Kolak Bola-Bola Kentang


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA