>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa


Ngemil Pasca Lebaran

Nyatanya memang benar, hasrat untuk ngemil setelah puasa itu semakin menggebu-gebu. Kue-kue lebaran yang ditaruh di toples begitu menggiurkan untuk segera disantap. Tapi hati-hati, nanti badan bisa melar karena cemilan lebaran. Yang ter­penting, kalau mau ngemil harus tahu kiat dan triknya dulu!
Ngemil tidak selalu menggemukkan. Sebaliknya, ngemil justru baik dan sehat. Selain itu, ngemil juga memberikan bebe­rapa keuntungan, termasuk untuk menja­ga agar tubuh tetap langsing! Tidak percaya? Simak bahasan berikut.

Alasan Ngemil

Ngemil atau mengudap adalah me­nyantap makanan apa pun di luar waktu makan utama. Bisa diantara waktu makan pagi dan siang atau antara waktu makan siang dan malam. Makanan yang disan­tap itulah yang lazim disebut makanan selingan, kudapan, camilan, atau snack.
Perilaku ngemil sebenarnya baik dan sehat. Kenapa? Karena bisa mem­pertahankan kestabilan kadar gula darah. Yang jadi biang bencana sebenarnya bukan kebiasaan ngemil itu sendiri, tapi justru pilihan jenis makanan camilan serta jumlah yang dikonsumsi. Keku­rangsempurnaan memahami pengertian inilah yang sering mengaburkan kebai­kan manfaat ngemil.
Menurut sebagian ahli gizi, lebih rajin ngemil justru membantu menjaga kondisi tubuh tetap langsing. Hanya saja, harus diperhatikan jenis camilannya. So,manakala sinyal rasa lapar itu muncul, pilihlah kudapan mengenyangkan yang rendah kalori, terutama yang banyak mengandung air.

Yang Boleh untuk Mengudap,

Selain cukup mengenyangkan dan rendah kalori, cemilan berupa buah­-buahan segar umumnya praktis pe­nyiapannya. Bahkan, beberapa jenis buah-buahan bisa langsung disantap tanpa perlu dikupas, seperti apel, jambu air, jambu biji, jambu bol, belimbing, stroberi. Pilihan lainnya semangka, melon, pepaya, duku, mangga, dan lain-lain.
Sayuran berkuah pun termasuk kuda­pan yang disarankan. Seperti sup sayuran, sayur bening, kimlo sayuran, capcay kuah, sawi hijau atau daun selada kuah bakso (boleh ditambah tahu), sayur asem. Salad sayuran/buah dan jenis salad lokal seperti pecel/gado-gado sayuran, dan urap bisa juga dikudap.

Yang Tidak Boleh Untuk Mengudap,

Mengudap pisang? Terutama pisang raja, pisang susu dan alpukat sebaiknya dibatasi, ka­rena kalorinya cukup tinggi. Durian, nangka, dan cempedak termasuk buah yang banyak mengandung kalori. Karena itu, ketiganya disarankan tidak bagus dijadikan kudapan. Jauhi aneka kue basah tradisional, baik yang manis maupun gurih, karena umumnya padat kalori. Bahan-bahan dasar pem­buatan kue basah kebanyakan berkalori tinggi, seperti tepung, gula, santan. Jangan heran kalo dalam potongan kue tart, betapapun ukurannya hanya sesuapan (bite size), sumbangan kalorinya lumayan banyak. Untuk orang-orang yang suka makanan gorengan semi basah, seperti bakwan udang, risoles, lebih balk dicoret dari daftar kudapan. Tapi kita jangan terkecoh dengan makanan yang tidak digoreng. Singkong/ubi kukus, misalnya, bukan berarti lebih baik dari pada yang digoreng. Sebab baik singkong maupun ubi jalar sudah padat kalori. Satu lagi yang suka kita konsumsi di saat senggang dan harus dijauhi, kripik atau chips. Juga minuman ringan (soft drink) juga harus ditinggalkan. Begitu pun dengan minuman bersirup atau minuman manis bergula.

(sumber: Muslimah NO. 28/Tahun III/November 2004)


SalaMAA @ 1:19 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Maaf Lahir Bathin

Menghidupkan Ramadhan

Keutamaan Menghafal Al Quran

Menggapai Malam Kemuliaan

Mau Cerdas? Ya, Puasa...!

Sayur Kacang Merah

Selalu Tampil Segar di Bulan Puasa

Kolak Bola-Bola Kentang

Kekuatan Do’a

KEKHUSUSAN DAN KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA