>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Memotifasi Diri untuk Mempelajari Al Qur’an

Pol Salamaa tgl 5 April 2007

Oleh : Elly Zanibar Madjid

Berada jauh dari tanah air, membuat para muslimah memperoleh pandangan lebih luas lagi tentang segala perkembangan dunia. Maka dari itu kita harus mengaktualisasikan diri sebagai seorang muslimah, dengan mengetahui apa komitmen kita. Kitapun harus memotifasi diri dengan cara mengetahui apa Al Qur’an kita, yang merupakan buku pegangan para muslimah. pengetahuan tentang bagaimana mengisi ilmu kita dengan pemahaman tentang Al Qur’an nul karim, yg merupakan petunjuk jalan kehidupan para muslimah sebagai umat Muhammad SAW.
Sebagai seorang ibu, para muslimah memiliki tugas yang sungguh berat. Setiap ibu bertanggungjawab terhadap kelangsungan generasi selanjutnya. Kitalah yang dapat menentukan akan berlanjut tidaknya siar Islam ini. Para muslimah harus dapat memanfaatkan kemajuan tehknologi saat ini untuk menyiarkan Islam, sehingga siar Islam akan tetap berlangsung dengan berkesinambungan.
Dengan memahami Al Qur’an, maka para muslimah akan dibimbing menuju jalan yang baik dan benar, karena itulah tujuan diturunkannya Al Qur’an ke dunia ini. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat 1 ; ayat 9, bahwa Al Qur’an merupakan rahmat bagi manusia.
Allah SWT menciptakan manusia sebagai wakil-Nya, maka Allah pun melengkapi manusia sebagai ciptaan-Nya yang paling mulia dengan Al Qur’an sebagai guide book. Allah melengkapi manusia juga dengan pandai berbicara, supaya dapat berkomunikasi, saling nasihat menasihati, saling membagi ilmu dan saling mengingatkan. Manusia harus selalu saling mengingatkan, karena kita mempunyai sifat lupa dan tidak sempurna. Itulah gunanya kita memiliki komunitas.

Al Qur’an diturunkan dengan tujuan untuk membawa manusia kepada kesenangan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat. Kita diwajibkan memahami isi Al Qur’an & itu merupakan tanggung jawab setiap diri. Allah SWT berfirman sampai mengulang 4 kali dalam Al Qur’an, surat : 17, 22, 32 & 40, bahwa setiap orang itu mempunyai waktu yang sama (24 jam sehari). Kita diharuskan menggunakan waktu kita dengan sebaik-baiknya untuk memahami & mengamalkan isi dari Al Qur’an tersebut.
Untuk memahami Al Qur’an, bisa kita mulai dari hal yang paling sederhana dulu. Antara lain bahwa Al Qur’an itu terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6236 ayat, 74437 kalimat dan 325345 huruf. Setiap huruf Al Qur’an tersebut benar-benar memiliki nilai, oleh sebab itu Allah SWT menjanjikan pahala bagi yang membacanya maupun yang mendengarkannya.

Isi dari Al Qur’an itu dibagi menjadi 3 bagian :

  1. Perintah dari Allah SWT
  2. Larangan dari Allah SWT
  3. Do’a

Dalam do’a hendaknya kita memohon kepada Allaw SWT, supaya kita diberi kesanggupan untuk melakukan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya dan dimudahkan untuk dapat memahami Al Qur’an.
Al Qur’an merupakan petunjuk dan rahmat bagi orang-orang beriman, merupakan mujizat yang terbesar, kekal abadi dan tidak dapat ditandingi. Hal tersebut difirmankan Allah SWT dalam surat 41 ; ayat 42, surat 17 ; ayat 88, surat 32 ; ayat 2 dan surat 2 ; ayat 23. Isi dari Al Qur’an adalah universal, artinya dapat dipakai kapan saja dan di mana saja (fleksibel dan relevan).

Dalam kehidupan sehari-hari, pada kenyataannya kita masih belum sanggup menunjukan akhlaq muslimah yang sesungguhnya. Kita wajib berusaha untuk dapat menunjukan akhlaq muslimah seperti yang terkandung dalam Al Qur’an kepada dunia, terutama kepada kaum yang berpandangan negatif terhadap Islam. Dengan begitu mereka dapat merasakan, bahwa Islam itu membawa ketentraman serta mencegah terjadinya perpecahan.
Setiap muslim harus berpegang teguh pada Al Qur’an dan Hadist, sehingga setiap perbedaan pendapat akan menemui titik temu serta saling menolong.

Allah SWT berfirman juga dalam Al Qur’an surat 14 ; ayat 1 dan surat 57 ; ayat 9, bahwa fungsi lain dari Al Qur’an adalah mengeluarkan manusia dari gelap gulita ke kondisi terang benderang. Maksudnya adalah membuat manusia memperoleh kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat.
Contohnya pada jaman jahiliah, bila lahir bayi perempuan dalam suatu keluarga, maka mereka akan langsung mengubur atau membunuhnya. Hal mengerikan itu masih berlangsung, walaupun pada saat itu telah diturunkan beberapa nabi dan beberapa kitab suci. Namun setelah turunnya Al Qur’an, maka pembunuhan bayi-bayi perempuan itu tidak lagi dilakukan, karna isi dari Al Qur’an itu benar2 penuh dengan kebenaran dan kedamaian.

Sebagai muslimah, kita harus benar-benar meyakini bahwa Islam itu adalah agama yang paling benar dan diridhai oleh Allah SWT. Untuk bisa yakin, maka kita harus mencintai dan mengerti apa isi Al Qur’an itu. Setiap permasalahan yang kita hadapi dalam hidup ini, selalu dapat kita temui jawabannya di dalam Al Qurá an, termasuk segala hal tentang etika.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat 5 ; ayat 54, yang berisikan tentang cara-cara agar kita dicintai oleh-Nya, antara lain :

  1. Bersikap lemah lembut kepada orang-orang mu’min
  2. Bersikap keras kepada orang-orang kafir
  3. Berjihad di jalan Allah
  4. Tidak takut terhadap celaan orang-orang yang suka mencela

Rasulullah Saw mengatakan dalam khotbah terakhirnya pada haji wada, bahwa beliau akan meninggalkan 2 warisan untuk umat manusia. Dua hal ini yang akan membuat manusia selamat dunia dan akhirat, yaitu Al Qur’an dan Sunnah Rasul.

Dalam Al Qur’an, dapat kita ketahui juga perbedaan antara orang-orang beriman dan orang-orang kafir. Hal tersebut tercantum dalam surat 8 ; ayat 2, surat 9 ; ayat 124 dan surat 7 ; ayat 204. Dikatakan bahwa orang yang beriman akan bergetar hatinya dan bertambah imannya , pada saat dibacakan ayat-ayat suci Al Qur’an. Pada saat itu orang-orang yang beriman tersebut akan bersikap diam dan menyimak serta mendengarkan baik-baik setiap ayat yang dibacakan, supaya memperoleh rahmat dari Allah SWT.

Menggali dan memahami Al Qur’an adalah sama dengan menimba ilmu. Dalam usaha menimba ilmu itu, tentulah bukan sesuatu yang mudah. Oleh sebab itu Allah SWT berjanji dalam Al Qur’an terhadap siapapun yang menimba ilmu, bahwa Dia akan meninggikan derajatnya. Lebih baik kita menghapal dan sungguh-sunggu memahami satu ayat Al Qurán saja, daripada berzikir semalam penuh tanpa memahami apa yang kita baca.
Bila seorang muslimah atau seorang ibu tidak mengerti Al Qur’an-nya, maka dia jangan berharap memperoleh amal jariah atau do’a dari anak-anaknya pada saat dia meninggal nanti.
Di akhirat nanti kita akan diadili tentang apa saja yang telah kita perbuat di dunia ini, termasuk sejauh mana kita memahami Al Qur’an beserta pengamalannya.



SalaMAA @ 1:43 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Keteladanan Nabi Ibrahim As

Berita Keluarga Salamaa April 2007

Siti Hajar

Mencari Sekolah Untuk Si Kecil

Menjadi Ibu Ideal di Mata Anak

Komunikasi dalam Keluarga : Jembatan Menuju Harmon...

Kiprah Muslimah di Masyarakat : Studi Banding Jama...

Ketulusan Hati Nabi Muhammad Saw

Berita Keluarga Salamaa Maret 2007

Euro Pinguin


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA