>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Kiprah Muslimah di Masyarakat : Studi Banding Jaman Rasulullah dengan Saat Ini



Oleh : Ustadz. Agus Purwanto
(POL Salamaa 8 Maret 2007)

Kisah-kisah perempuan teladan di masa Rasulullah bisa menjadi acuan untuk para muslimah di jaman sekarang ini, baik dalam bertindak dan mempergunakan waktunya dengan lebih efektif dan bermanfaat. Sehingga setiap tindakan dan keberhasilan yang diraih oleh para muslimah adalah merupakan wujud ibadah yang dilakukan hanya untuk mencari keridhoan Allah SWT semata.




Kisah-kisah perempuan teladan di jaman Rasulullah tersebut beberapa di antaranya adalah :


  1. Ummu Umaroh. Dalam perang Uhud, beliau dan anaknya (keluarganya) membantu dalam menyediakan perbekalan makanan dan minuman. Dalam keadaan genting, Ummu Umaroh langsung berinisiatif ikut membantu dalam peperangan meskipun tanpa senjata. Melihat hal tersebut, Rasulullah mendukung tindakan beliau dengan menginstruksikan untuk memberikan senjata kepada Ummu Umaroh, sehingga ia dapat ikut berperang. Pada peperangan tersebut ia mendapat 13 tusukan di lehernya.
  2. Al Khansa. Dikenal sebagai Ummu Syuhada, karena keempat anak laki-lakinya meninggal di medan jihad. Beliau sangat mendukung perjuangan anak-anaknya dan beliau bangga karena anak-anaknya telah menjadi syuhada di medan perang.
  3. Khadijah. Beliau adalah orang pertama yang memeluk islam dan merupakan perempuan yang sangat berjasa dalam membantu perjuangan Rasulullah. Beliau adalah satu-satunya perempuan yang diberikan salam oleh Allah SWT dan dijanjikan disediakan sebuah istana di surga kelak. Hanya dari beliau Rasulullah memperoleh keturunan, 2 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan.

Pelajaran/ibroh yang dapat diambil dari kisah-kisah tersebut adalah :

  1. Khawiyul isti’sal billah. Artinya kekuatan dalam berinteraksi dengan Allah SWT, yang menjadi sumber kekuatan bagi jiwa untuk melakukan berbagai aktifitas seperti ; perjuangan dalam dak’wah, peperangan dan lain-lain. Contoh untuk berinteraksi dengan Allah SWT adalah dengan mengerjakan shalat malam dan tadarus. Amalan-amalan tersebut menjadi tameng jiwa terhadap gemerlapnya dunia yang melenakan. Kekuatan jiwa seseorang sebanding dengan kekuatan interaksinya dengan Allah SWT. Semakin kuat hubungan seseorang dengan Allah, semakin tinggi kepercayaannya terhadap janji dan ketetapan Allah. Kita percaya Allah maha kuasa atas segala sesuatunya atas bumi, langit dan segala isinya, kita tidak perlu khawatir akan teraniaya atau terlantar.
  2. Al imanul amiq. Artinya keimanan yang kuat (dalam). Islam adalah risalah yang benar dan setiap muslimah berkewajiban untuk menyebarkan indahnya risalah Islam tersebut, sehingga tidak ada lagi opini yang menyudutkan atau menjelek-jelekan Islam. Contoh yang paling sederhana adalah dengan menerapkan konsep rahmatan lilalamin kepada lingkungan sekitar. Bagaimana seseorang menerapkan Islam sebagai rahmatan lilalamin dalam akhlaq kehidupan kesehariannya.
  3. Idaratul awqat. Artinya bagaimana kita mengatur waktu yang baik. Waktu yang tersedia memang tidak akan pernah sebanding dengan kewajiban yang diemban seorang muslimah. Sebagai contoh adalah Ibunda Khadijah r.a yang merupakan wanita karir (pedagang) yang sangat sukses, tapi juga sekaligus menjadi istri dan ibu yang teladan. Managemen waktu yang baik adalah juga kemampuan para muslimah untuk mengatur (membagi) waktunya untuk berbagai aktifitasnya, sehingga efektif dan berkualitas. Islam meninggikan derajat para muslimah dengan memberikan kemampuan untuk mengatur waktunya dengan baik, yang belum tentu dapat dilakukan oleh kaum lelaki. Orang yang berhasil dalam Islam adalah orang yang dapat mengatur waktunya dengan baik dan bermanfaat.
  4. Mujtahid til hayat. Artinya giat dalam urusan kehidupannya. Hal ini sangat berkaitan erat juga dengan manajemen waktu. Seorang muslimah sebaiknya sebelum tidur telah merancang agenda kehidupannya untuk esok hari, sehingga agenda hidupnya terencana dengan baik dan dapat menggunakan waktunya dengan efektif.


SalaMAA @ 11:10 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Ketulusan Hati Nabi Muhammad Saw

Berita Keluarga Salamaa Maret 2007

Euro Pinguin

Cake Pisang Keju

Tumis Bakkeljauw: Selera Suriname

Bakhil dan Syarof

Ketabahan Menyembuhkan Kebutaan

Berlayarlah Rakit Kecilku

Berita Keluarga Salamaa Februari 2007

Pendidikan Seks di Sekolah Dasar


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA