>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

hay

hayfever
Alergi Musim Semi (Hay Fever)
Oleh: dr. Liana - Rotterdam

Di negara empat musim seperti Belanda ini, kehadiran musim semi sangatlah dinanti-nantikan setelah cuaca yang tidak bersahabat selama musim dingin. Namun bagi beberapa orang, musim semi tidak terlalu membuat hari-hari mereka berseri. Ya, karena mereka alergi dengan musim semi! Di Indonesia kita tidak mengenal istilah untuk alergi jenis ini, tapi dalam bahasa Inggris biasa disebut hay fever. Di Belanda, biasa disebut dengan hooikoorts.

Apa itu hay fever?
Hay fever adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang ditandai dengan respon alergik terhadap serbuk bunga atau lainnya. Dikenal juga sebagai rinitis alergi, ada dua tipe: musiman, yang terjadi hanya saat musim tertentu di mana tanaman tertentu menyerbuk, dan perenial, di mana terjadi sepanjang tahun.

Orang dengan hay fever sepanjang tahun (perennial) biasanya alergi terhadap satu atau lebih alergen di dalam rumah. Ini termasuk kutu debu rumah, atau bulu-bulu, semua mungkin ditemukan di bantal, seprai, karpet, atau gorden. Alergen umum yang lain adalah jamur, biasanya ditemukan di tempat yang lembab seperti kamar mandi dan ruang bawah tanah (basement).

Bagaimana bisa terjadi?
Jika seseorang menderita hay fever (rinitis alergi), itu akibat sistem kekebalan tubuh menganggap serbuk sari atau debu yang sesungguhnya tidak berbahaya sebagai zat berbahaya menyerang tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, kemudian menghasilkan substansi kimia seperti histamin dan lekotrin ke dalam aliran darah, yang mengakibatkan peradangan di saluran hidung, sinus dan kelopak mata, juga bersin-bersin.

Semua gejala tersebut dimaksudkan untuk melindungi tubuh kita baik dengan mengeluarkan alergen (misalnya, bersin), atau menjadikan bengkak bagian tubuh, seperti saluran hidung, sehingga alergen tidak dapat masuk. Pembengkakan membran hidung dapat menutup drainase sinus dan menyebabkan sinusitis. Rinitis dapat juga berhubungan dengan polip hidung, suatu tumor kecil yang non-kanker. Mimisan juga sering terjadi saat serangan hay fever.

Hay fever hampir selalu diturunkan secara genetik. Mayoritas pasien dengan hay fever memiliki orang tua atau saudara kandung yang juga memilki alergi. Orang dengan asma atau eksim (dermatitis alergi atau gatal-gatal akibat alergi zat atau makanan tertentu) mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan hay fever. Sekitar sepertiga dari mereka yang memiliki rinitis alergi setidaknya juga mengalami asma ringan, intermiten (hilang timbul) yang berhubungan dengan alergi.

Apa saja gejalanya?
Gejala-gejala rinitis alergi:
Bersin terus-menerus
Gatal dan nyeri di hidung, tenggorokan, dan langit-langit mulut
Hidung berair (beringus)
Mata pedas dan berair
Hidung tersumbat
Rasa tekan atau penuh di telinga
Lelah
Umumnya, gejala-gejala ini terjadi secara musiman.

Hubungi dokter jika:
Kondisi menjadi sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak terkontrol dengan obat yang dapat dibeli sendiri di apotik tanpa resep dokter (over-the-counter). Steroid, biasanya dalam bentuk semprot hidung, dapat juga digunakan tetapi diperlukan resep dokter untuk membelinya.

Infeksi sekunder sering terjadi dalam rongga sinus yang tersumbat. Gejalanya adalah demam, nyeri di daerah muka dan pipi, cairan (ingus) menjadi hijau atau kuning, postnasal drip (cairan atau ingus jatuh dari belakang hidung mengalir ke mulut), halitosis (nafas bau), dan nyeri gigi.

Bagaimana cara diagnosisnya?
Dokter dapat membuat diagnosis berdasarkan pemeriksaaan fisik dan observasi gejala-gejala yang dilaporkan pasien. Tes kulit (skin test) mungkin disarankan untuk menentukan jenis serbuk atau alergen lain yang paling memberikan reaksi alergi.

Dokter (biasanya seorang ahli alergi) akan meneteskan sedikit zat-zat yang dapat menyebabkan alergi di daerah lengan atau punggung menggunakan batang plastik kecil sebesar tusuk gigi. Prosedur ini tidak sakit dan tidak mengeluarkan darah. Jika kulit menjadi merah, gatal, dan muncul bentolan setelah 20 menit, maka tes dinyatakan positif terhadap alergen tersebut. Sebuah tes yang dinamakan radioallergosorbent test, atau RAST, dapat dilakukan untuk mengecek apakah terjadi peningkatan kadar IgE (suatu antibodi yang diproduksi sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari alergen tertentu) dalam darah.

Bagaimana pengobatannya?
Cara terbaik adalah dengan menghindari alergen yang telah diketahui dan zat lain yang dapat merangsang (seperti asap dan debu).

Kasus ringan biasanya dapat dikontrol dengan obat-obatan over-the-counter, antihistamin non-sedatif (tidak menyebabkan kantuk, nama generik loratadin), satu kali sehari saat musim alergi. Antihistamin lebih efektif jika diminum tiap hari saat musim alergi daripada diminum setelah muncul gejala-gejala alergi. Begitu histamin dikeluarkan ke dalam darah kita, antihistamin tidak dapat menghilangkan gejala-gejala yang telah muncul. Ia hanya dapat mencegah pelepasan histamin berikutnya.

Fenilefrin dan pseudoefedrin (biasa terkandung dalam obat-obat flu over-the-counter) adalah dekongestan yang membantu melegakan jalan napas. Jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan jantung atau antibiotik eritromisin atau antijamur ketokonazol, konsultasikan dengan dokter jika ingin mengkonsumsi obat-obatan dekongestan dan antihistamin untuk mencegah interaksi obat.

Beberapa obat semprot hidung dapat mengandung dekongestan dan antihistamin. Obat semprot hidung ini membantu mengurangi nyeri dan gatal dengan cara mengurangi pembengkakan dan peradangan saluran napas. Obat semprot hidung ini sebaiknya tidak digunakan selama tiga hari berturut-turut karena dapat memberikan efek balik (rebound) dan memperparah sumbatan hidung.

Bagaimana pencegahannya?
Walaupun kecenderungan untuk mendapatkan hay fever ada di dalam gen kita, Anda dapat mencegah gejala-gejala alergi dengan mencoba beberapa langkah pencegahan dan waspada terhadap beberapa tanda alergi sebelum terjadi. Konsultasikan dengan dokter ahli alergi untuk saran-saran khusus yang dapat membantu Anda. Juga, perkuat pertahanan tubuh dengan hidup sehat termasuk pola makan sehat dan olahraga teratur.

Kurangi polutan dan racun-racun dari sekitar sebisa mungkin dengan menjaga kebersihan dalam rumah dan halaman. Sebisa mungkin tidak dilakukan sendiri jika Anda mengidap alergi. Cara terbaik untuk menghindari gejala alergi adalah dengan menjauhi asap dan debu, juga alergen lain – sesuatu yang seringkali tak mudah dilakukan.

Referensi: WebMD


SalaMAA @ 8:45 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


sifat

syukur3

besengek

gudeg

novel6

koning

salamaa23

asma

novel5

manusiarasul


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA