>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

Cat Rambut


Image hosted by Photobucket.com

Amankah Cat Rambut Anda?
Oleh: Arie Sulistyowati, MD

Seputar cat rambut

Cat rambut (hair dye product) merupakan salah satu industri yang paling menjanjikan keuntungan jaman sekarang. Dengan target pasar lebih dari 60% penduduk dunia, yang nota bene wanita, maka bisa dipastikan seberapa besar keuntungan materiil yang dapat diraup oleh para pelaku bisnis di bidang ini. Tidak hanya bagi produsen tetapi juga salon-salon kecantikan yang menyediakan jasa pengecatan rambut.

Banyak alasan mengapa orang mengecat rambutnya. Dari hanya sekadar coba-coba, mengikuti mode atau bahkan menutup uban yang mulai tampak di kepala mereka. Mulai dari sekedar hightlight hingga cat rambut permanent (permanent colouring). Dan ternyata masalah cat-mengecat ini tidak hanya dilakukan oleh perempuan, para pria ternyata juga menggemari hal yang satu ini. Hanya saja bedanya adalah bila sebagian besar wanita mengecat rambutnya dengan alasan mode, maka pria melakukannya untuk menutupi uban.

Cat rambut dapat dibedakan dalam 3 kategori: permanen, semi permanen dan temporer. Cat rambut permanen merupakan produk yang paling sering digunakan. Jenis yang permanen ini dibedakan lagi menjadi pewarna oksidasi dan pewarna progresif.

Pewarna oksidasi terdiri atas 2 bahan utama, yaitu cairan pewarna perantara, seperti p-phenylendiamine (PPD) sebagai preformed dye yang kemudian dicampurkan dengan cairan berbahan dasar amonia, serta cairan hidrogen peroksida (H2O2). Kedua cairan ini, yang dikenal sebagai developer, dicampurkan beberapa saat sebelum mulai dicatkan ke rambut anda. Campuran cairan ini akan menyebabkan setiap batang rambut mengembang sehingga cairan pewarna perantara meresap ke setiap batang rambut. Reaksi oksidasi yang terjadi antara preformed dye dan hydrogen peroksida akan mengubah warna rambut dari dalam.

Pewarna progresif mengandung lead acetate sebagai komponen aktifnya. Bahan ini dinyatakan aman sebagai pewarna rambut bila konsentrasinya tidak lebih dari 0,6% w/v (weight/volume). Mekanisme kerjanya adalah melalui reaksi antara lead acetate dengan sulphur pada bagian keratin rambut. Keratin merupakaan bagian terluar dari rambut. Sehingga dapat dikatakan sebagai proses oksidasi di permukaan rambut.

Sedangkan cat rambut semi permanen atau temporer memiliki komponen utama coal-tar (batu bara) sebagai pewarna. Campuran lain diantaranya adalah air, bahan pelarut organik, surfaktan dan bahan pelembab. Cairan pewarna ini akan melekat di batang rambut tanpa terjadinya interaksi maupun proses oksidasi. Cat rambut temporer bersifat tidak tahan lama dan akan hilang setelah 1 atau 2 kali mencuci rambut.

Kontroversi tentang cat rambut

Baru-baru ini para ilmuwan mengkaitkan meningkatnya angka kejadian kanker dengan penggunaan cat rambut tipe permanen. Beberapa jenis kanker yang berkaitan dengan penggunaan cat rambut ini adalah kanker darah, kanker kandung kemih dan limfoma non Hodgkin. Penelitan pertama yang dilakukan oleh American Cancer Society pada tahun 1994 terhadap 573.369 wanita menyebutkan adanya kenaikan resiko kematian akibat limfoma non Hodgkin dan multiple myeloma (tumor sumsum tulang) pada wanita yang telah menggunakan cat rambut warna hitam selama lebih dari 20 tahun.

Pada bulan Februari 2001 peneliti dari University of Southern California mempublikasikan hasil penelitian mereka yang menyatakan bahwa individu yang menggunakan cat rambut permanen sekurangnya sebulan sekali selama 15 tahun memiliki resiko untuk menderita kanker kandung kemih 3x lebih tinggi daripada yang tidak pernah menggunakan cat rambut. Angka ini bahkan lebih tinggi pada mereka yang bekerja di salon dan terekspos oleh cat rambut permanen. Mereka dinyatakan memiliki resiko 5x lebih tinggi untuk menderita kanker. Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa seseorang yang menggunakan cat rambut warna gelap (hitam atau coklat tua) dalam jangka waktu lama memiliki resiko 2x lebih tinggi untuk menderita kanker darah (leukemia). PPD sebagai komponen utama cat rambut permanen diperkirakan bertanggung jawab atas terjadinya reaksi alergi dan kanker.


Pendapat ini mendapat tantangan dari pihak industri cat rambut. Mereka beralasan bahwa penelitian tersebut tidak berarti karena bahan untuk cat rambut yang digunakan sekarang berbeda dengan bahan yang digunakan sebelum tahun 1980 (masa dimana angka kejadian kanker meningkat). Kesalahan metodologi penelitian juga menjadi alasan mereka untuk menyatakan bahwa hasil penelitian tersebut inconclusive. Mereka mengklaim bahwa produk yang dipasarkan saat ini adalah produk yang aman bagi kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian lainnya yang menyebutkan tidak ditemukannya hubungan yang bermakna antara cat rambut dengan kanker kandung kemih maupun kanker payudara. Survei yang dilakukan oleh Food and Drug Assessment (FDA) menemukan 8 dari 11 produk cat rambut yang dipasarkan secara luas di Amerika ternyata mengandung karsinogen 4-ABP. Menurut pihak yang pro-cat rambut, 4-ABP sendiri sebetulnya bukan merupakan bahan utama cat rambut tetapi merupakan hasil samping dari reaksi antara bahan-bahan kimia yang berbeda. Sehingga dengan mencari formula yang tepat bagi bahan-bahan kimia tersebut, hasil samping yang berbahaya dapat dihindari. Menanggapi hal ini, pihak kontra menyatakan bahwa masalah utamanya bukanlah zat atau substansi yang terkandung di dalam cat rambut. Tetapi proses oksidasi yang terjadi pada cat rambut tipe permanen telah menyebabkan munculnya senyawa baru yang bersifat karsinogenik. Karsinogen baru ini termasuk dalam golongan aromatic amine. Proses oksidasi ini hanya terjadi pada cat rambut jenis permanen, karena itulah cat rambut jenis semi permanen atau temporer masih dinyatakan aman hingga saat ini.

Mutasi genetik juga diperkirakan turut bermain. Sebetulnya tubuh kita dapat menetralisir senyawa racun golongan aromatic amine secara alami. Perubahan genetik yang terjadi dalam tubuh dapat memusnahkan kemampuan ini. Orang-orang inilah yang termasuk dalam golongan resiko tinggi untuk menderita kanker akibat cat rambut. Para ilmuwan saat ini belum dapat membuktikan kebenaran hipotesis genetik ini. Sehingga belum dapat diidentifikasi siapa yang termasuk dalam golongan resiko tinggi maupun tidak.

Solusi bagi rambut anda

Banyaknya penelitian yang bernada pro dan kontra serta belum ditemukannya mekanisme yang pasti bagaimana cat rambut dapat menyebabkan kanker, tentu menimbulkan kebingungan diantara kita bagaimana harus bersikap. Dan saat ini, tidak ada salahnya untuk bersikap hati-hati.

Bila anda masih berkeinginan untuk mengecat rambut anda, di bawah ini adalah beberapa tips bagi anda:
• Hindari penggunaan cat rambut permanen dan berwarna gelap (hitam atau coklat tua)
• Jangan ubah warna rambut anda terlalu berbeda dari warna asli. Misal dari warna hitam menjadi pirang. Perubahan yang terlalu mencolok akan membutuhkan perawatan yang khusus serta dapat mengubah tekstur rambut.
• Gunakan cat rambut yang bersifat semi permanen (hilang setelah 6-8x keramas) atau temporer (hilang setelah 1-2x keramas)
• Sedapat mungkin gunakan pewarna alami yang tidak mengandung bahan kimia. Henna merupakan salah satu contoh produk yang bersifat alami.
• Seandainya pun anda memakai produk kimiawi, carilah produk pewarna semi permanent atau temporer dengan kadar coal tar paling rendah. Hanya perlu diingat bahwa semakin rendah kadar coal tar, semakin cepat hilang pewarna rambut anda.
• Apabila anda ternyata mengalami alergi setelah proses pengecatan, cepat-cepat cuci dan bilas rambut anda. Jangan pernah menggunakan produk tersebut lagi.
• Jangan terlalu sering mengecat ulang rambut anda. Cukup 6-8x / tahun.
• Untuk mempertahankan warna rambut anda tanpa sering mengecat ulang, anda dapat menggunakan sampo khusus untuk mempertahankan warna rambut (color-enhancing shampoo)
• Jangan biarkan rambut anda terlalu sering terpapar matahari karena akan membuat warna cepat pudar



Dari berbagai sumber


SalaMAA @ 1:43 PM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Rumah Bersih

Wanita & Politik

makalah POL

jilbab

tips

Mie kuning

Demam

Disangka Pengemis

sate padang

BROWNIES


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA