>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

bugar

Image hosted by Photobucket.com
Kiat Sehat dan Bugar Saat Berpuasa
Oleh: Agnes Tri H - Groningen


Di saat bulan puasa, klinik-klinik untuk menguruskan berat badan mestinya sepi pengunjung. Tapi yang terjadi di Rawalpindi Pakistan malah sebaliknya. Klinik-klinik tersebut biasanya justru booming menjelang bulan puasa dan sesudah puasa berakhir. Mengapa? Karena di wilayah ini, kebanyakan masyarakat khawatir puasa selama sekira 12 jam sehari akan menyebabkan mereka kelaparan.

Alhasil, mereka berusaha memupus kekhawatirannya dengan makan sebanyak-banyaknya saat sahur dan berbuka. Masyarakat banyak mengadakan pesta mengundang kerabat dan sejawat di hotel-hotel dan restaurant mewah saat sahur dan berbuka. Hotel dan restaurant tersebut memberikan paket makanan istimewa yang tentu saja banyak mengandung kalori dan lemak. Tak heran bila akhirnya bulan puasa malah menyebabkan lingkar pinggang mereka membesar, dan memunculkan beragam penyakit.

Sebetulnya, bila anjuran Rasulullah mengenai adab makan dipatuhi, tentulah hal ini tak akan terjadi. Apalagi dari segi kesehatan, puasa malah akan meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran yang lebih baik. Asalkan, puasa dilakukan dengan baik dan benar, mengurangi konsumsi makanan hingga 10 %-20% dari konsumsi makanan sehari-hari dengan komposisi zat gizi seimbang.

Pola makan yang umumnya 3 kali makan utama, saat puasa berubah menjadi 2 kali sehari. Hal ini akan mengurangi beban kerja alat pencernaan. Enzim pun akan bekerja lebih baik. Beban metabolisme tubuh juga akan berkurang, sehingga sel-sel di seluruh tubuh akan tetap sehat. Tapi mengapa di awal puasa, sebagian besar orang yang berpuasa merasa lesu dan mengantuk di siang hari? Ini merupakan hal yang wajar karena kadar gula darah akan menurun saat kita berpuasa. Setelah beberapa hari, rasa mengantuk dan lesu ini secara berangsur-angsur akan hilang karena tubuh sudah bisa beradaptasi.

Bagaimana caranya agar tetap bugar?

Sebenarnya tubuh akan tetap bugar bila kita tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Lho koq bisa? Tubuh yang tetap aktif akan menjaga kadar hormon yang berperan dalam proses metabolisme. Jadi, tubuh akan tetap sehat. Bagaimana dengan persediaan tenaga? Memangnya tubuh bisa tetap bertenaga padahal tidak ada intake makanan sama sekali selama 12-14 jam? Tak usah khawatir, Allah telah mengatur semuanya sedemikian rupa dengan sempurna. Dalam keadaan berpuasa, energi tubuh diperoleh dari metabolisme cadangan energi, yaitu glikogen dan lemak. Cadangan tersebut mencukupi dan kita tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Jadi, saat berpuasa kita malah dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, aktivitas yang berlebihan tentu saja sebaiknya dihindari. Olahraga ringan juga tetap disarankan, tetapi sebaiknya melakukannya kira-kira 1-2 jam menjelang berbuka puasa. Dengan cara itu, begitu tubuh mengeluarkan keringat, kita bisa langsung menggantikannya pada saat berbuka puasa.

Mengapa kita malah dianjurkan untuk beraktivitas seperti biasa saat puasa? Berkegiatan akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin yang berfungsi melepaskan gula darah dari ‘pabriknya’. Sungguh tepat petuah Rosulullah untuk tidak bermalas-malasan saat berpuasa. Karena bila kita bermalas-malasan atau kebanyakan tidur, maka tubuh akan lemas tak bertenaga. Itu semua terjadi lantaran kadar gula dibiarkan menurun secara drastis.

Selain itu ada cara praktis agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa, yaitu dengan rutin menjalankan sholat tharawih. Sholat tarawih yang dilakukan setelah berbuka puasa ternyata dapat membakar sejumlah kalori dan menurunkan berat badan pula. Gerakan-gerakan sholat dapat dianggap sebagai olahraga ringan, yang memang diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar.

Bahkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Islam tentang sholat tharawih telah menunjukkan betapa banyaknya manfaat sholat tharawih bagi kesehatan. Selain dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan, sholat tarawih dapat memelihara kekuatan otot, kelenturan sambungan sendi, dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang kerap dialami wanita berusia lanjut.

Sholat tarawih juga dapat meningkatkan angka metabolisme, melancarkan peredaran darah, meningkatkan fungsi paru dan jantung sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Dari sisi mental, sholat tarawih terbukti dapat meningkatkan kontrol diri, mengurangi tingkat stress, meningkatkan kemampuan konsentrasi, mengurangi depresi dan lebih tahan terhadap depresi. Sholat tarawih bahkan dapat membantu tidur lebih nyenyak dan menekan nafsu makan. Dan ternyata, seperti halnya puasa, sholat tarawih yang dilakukan rutin pun dapat membuat kita awet muda.

Makanan yang Dianjurkan Saat Berpuasa

Makanan apa sajakah yang sebaiknya dimakan agar kita tetap sehat dan bugar selama puasa? Makanan beragam tentunya sangat disarankan, agar kandungan lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral tetap terpenuhi. Makanan yang dimakan saat sahur sebaiknya adalah jenis makanan yang kaya serat dan protein. Makanan tinggi serat akan dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga proses pengosongan lambung pun akan lebih lama pula. Makanan semacam ini dapat diperoleh dari komplex karbohidrat, sayur-sayuran dan buah-buahan. Komplex karbohidrat biasanya terdapat dalam makanan seperti gandum, cereal, beras merah, roti berserat, dan lain-lain. Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebutuhan cairan. Sup dan jus buah saat sahur, dapat menambah kebutuhan cairan dan mineral tubuh.

Selain itu, kurma dan pisang juga sangat baik dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka. Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, disebutkan bahwa nabi Muhammad saw biasa berbuka dengan buah kurma. Membicarakan tentang buah kurma memang sangat menarik. Dalam Petunjuk Gizi (Kompas 1998) tentang ‘Mengenal Buah Kurma’, disebutkan zat mineral yang terdapat dalam kurma adalah kalsium, fosfor, kalium, belerang, natrium, khlor, magnesium, besi, mangan, tembaga, kobalt, seng, khrom, yodium dan fluor. Bahkan, kandungan besi kurma per 100 g buah kering dari varietas tertentu bisa memenuhi kebutuhan zat besi manusia per hari dalam semua situasi. Disamping itu kurma mengandung vitmain seperti thiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, biotin, asam folat atau folacin, asam askorbat atau vitamin C, provitamin A (beta carotene), nicotinamide, retinol equivalent, asam pantotenat dan vitamin B6.

Makanan dan minuman apa sajakah yang mestinya dihindari? Saat makan sahur dan berbuka, hindari makan yang berlebihan serta makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan minyak. Minum teh berlebihan saat sahur dapat meningkatkan produksi air kencing dan mengeluarkan zat-zat mineral dalam tubuh yang diperlukan. Karena itu sebaiknya terlalu banyak minum teh pun perlu dihindari di saat sahur. Begitu pula halnya dengan kopi. Yang perlu diingat, bagi penggila kopi ada baiknya untuk tidak mendadak mengurangi konsumsi kopi. Jadi, beberapa hari sebelum puasa, penggemar kopi sebaiknya mengurangi konsumsi kopi secara bertahap. Mendadak memberhentikan atau mengurangi kebiasaan minum kopi dapat mengakibatkan sakit kepala yang dapat mengganggu kelancaran puasa. Selamat berpuasa!






SalaMAA @ 11:23 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


istri3

pol3

wingko

bajigur

pizza

buntut

alih

salamaa14

syubhat

istri2


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA