>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

buku2



MEMILIH BUKU UNTUK ANAK
Oleh Dessy – Den Haag


Buku untuk Bayi

Menurut Jane Kemp, membacakan buku untuk anak dapat dimulai sejak anak masih bayi. Anda dapat menikmati buku bersama bayi anda. Letakkan bayi pada lengan anda dan perlihatkan pada bayi halaman per halaman, ceritakan gambar-gambar yang ada pada buku. Sebelum dimulai, perhatikan bayi anda tidak dalam keadaan lelah, lapar atau tidak nyaman, dan jika bayi mulai lelah, hentikan karena konsentrasi bayi sangat pendek.

Memilih buku yang tepat

Usia 0-3 bulan

Bayi yang baru lahir tidak dapat melihat secara baik, tetapi mereka suka melihat wajah dan pola-pola yang bergaris tajam. Pilihkan buku dengan warna hitam putih yang terbuat dari kain/bahan.

Usia 3-4 bulan

Bayi dapat melihat dengan lebih jelas pada usia ini. Buku kain dengan gambar yang besar pada setiap halamannya merupakan pilihan yang baik, bayi anda akan menyukainya.

Usia 6 bulan

Beralihlah ke buku dengan kertas yang tebal. Pilih buku yang cukup kecil sehingga bayi anda dapat memegangnya. Pilih buku dengan gambar besar, jelas, dengan gambar warna-warni


Buku untuk Anak Usia 1-2 tahun

Jika anak usia 1-2 tahun sudah mengenal buku, maka mereka akan melanjutkan kesukaannya itu. Jika pada usia tersebut anak belum mengenal buku maka saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkannya. Meskipun demikian anak anda tetap tidak akan dapat konsentrasi lama, maka buatlah waktu membaca yang pendek dan menyenangkan.

Clare Walters mengatakan bahwa anak usia 1-2 tahun belum dapat berlaku hati-hati, untuk itu buku dengan kertas biasa hanya dapat anda keluarkan saat anda membacakannya untuk mereka. Jika anda ingin membiarkan mereka melihat-lihat buku sendiri, berikan buku dengan kertas tebal.

Anak usia satu sampai dua tahun menyukai buku dengan detil gambar objek dan aktivitas yang mereka ketahui. First Word Book adalah buku yang ideal untuk kelompok usia ini

Sejak usia dua tahun, anak menyukai dongeng yang sangat sederhana, dengan gambar yang jelas dan hanya beberapa kalimat di tiap halamannya.

Buku-buku denga teks seperti sajak akan memudahkan anak usia ini untuk mengingat.

Anak-anak suka ikut membaca

Bagi anak kecil yang suka ikut membaca, maka berikan buku yang berkelepak, tabs, pop-ups, yang dengan bunyi-bunyian, yang bertexture serta yang berunsur tanya jawab.

Membaca untuk anak anda secara teratur akan memperkaya khazanah bahasa anak.


Buku untuk anak usia pra sekolah

Anak usia pra sekolah menghabiskan waktu dengan buku-buku bergambar, maka pilih buku yang memiliki gambar-bambar menarik.

Pengulangan adalah kunci pada anak usia ini, dan cerita yang memiliki pola cerita berklimaks akan lebih diminati.

Cerita-cerita lucu sangat populer bagi anak usia ini, seperti halnya buku cerita fantasi tentang pangeran dan putri raja, raksasa dan ular naga.


Anak-anak suka membicarakan buku-buku yang telah mereka baca

Anak-anak suka membicarakan/menceritakan buku-buku yang telah mereka baca, maka beri pertanyaan tentang cerita tersebut atau bahas tentang karakter yang anda dan anak anda suka pada buku tersebut.

Perhatikan dan beritahu bagian-bagian cerita, awal, tengah dan akhir cerita

Biarkan anak anda memilih sendiri buku-buku yang mereka suka, baik saat di toko buku maupun di perpustakaan.

Buku untuk anak usia empat sampai tujuh tahun

Menurut Clare Walters, anak pada usia ini menyukai buku yang beragam. Anda tahu apa yang anak anda paling sukai, tetapi jika anda memberikan beberapa contoh maka itu akan dapat membuka pengetahuan mereka tentang topik-topik buku yang lain

Buku Bergambar- Ini merupakan buku yang populer untuk kelompok usia ini. Anak-anak akan merasa tenggelam dalam gambar saat anda membacakan teks buku. Guru disekolah biasanya menggunakan buku dengan gambar yang besar untuk dapat dilihat oleh seluruh murid di kelas.

Koleksi cerita - buku-buku besar dengan beberapa cerita didalamnya, contohnya cerita rakyat, kompilasi cerita-cerita yang dibuat pengarang moderen, atau bab - bab cerita tentang karakter individu.

Non-fiction - jika cerita hewan hutan atau kehidupan laut menarik bagi anak anda, berikan kepada mereka buku dengan gambar hewan tersebut. Banyak pilihan yang bagus untuk pendidikan ilmu alam pertama anak anda seperti sejarah dinosaurus salah satunya.


Anak-anak suka komik

Komik - anak-anak menyukai komik, jika anak anda menyukainya pilihkan buku komik yang bagus.

Program membaca sekolah- sekolah anak anda mungkin menggunakan seri buku tertentu untuk membantu pelajaran membaca. Bicarakan dengan guru bagaimana memilih buku yang dapat menunjang belajar membaca anak di rumah.

Buku aktivitas- berikan buku yang dapat diisi oleh anak dan menyenangkan serta mendorong anak untuk dapat berkonsentrasi. seperti buku mewarnai, menghubungkan garis, menghubungkan titik, puzzle, dll.

Buku buatan sendiri- terperangkap di dalam rumah di hari hujan? Buat buku diary anak anda (saat anak anda lahir, pertama kali berjalan, pertama kali pergi ke dokter dsb). ilustrasikan dengan foto keluarga dan gambar-gambar.

Jika anak anda bosan dengan buku-buku tertentu, hentikan membacakannya - membaca harus dalam keadaan menyenangkan bukan sesuatu yang memberatkan/membosankan

Buku untuk anak usia tujuh sampai sepuluh tahun

Buku Bergambar - anak-anak usia 7 - 10 tahun masih menggemari buku-buku bergambar. Berikan buku-buku dengan gambar kepada mereka.

Buku cerita - pembaca pemula biasanya akan bangga saat mereka mulai membaca bab pertama bukunya. Pilih buku dengan cerita yang tidak terlalu panjang, memiliki bab yang sedikit dengan halaman yang tidak terlalu banyak huruf dan masih dengan banyak gambar.

Mitologi dan legenda - cerita rakyat masih populer dan anda dapat mengenalkan cerita tradisional yang penuh hikmah kepada anak anda.

Membaca dengan keras - meski anak anda pada usia ini telah dapat membaca sendiri, mereka masih menyukai dibacakan cerita oleh orang tuanya. Membaca bagi mereka membuat anda dekat dan mampu bereksperimen dengan berbagai cerita yang anda baca dengan plot yang kompleks dan kalimat yang panjang.

Buku bacaan sekolah- program membaca di sekolah mungkin sudah akan berakhir pada saat anak usia ini, tetapi anak-anak mungkin masih ingin membawa pulang buku-buku yang diminta guru untuk dibacanya bersama anda.

Menyimpan beberapa referensi buku di rumah


Referensi buku- di sekolah anak anda akan belajar bagaimana memperoleh referensi buku. untuk mendorong minat memiliki referensi buku kepada mereka, anda mungkin dapat menyimpan beberapa referensi buku di rumah. Anak akan tertarik membaca dengan mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Cari buku yang menarik (buku ketrampilan, football dll) dan belilah buku-buku tersebut sebagai hadiah bagi anak anda.

sumber: bbc.co.uk




SalaMAA @ 1:16 AM








LINKS

Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


knitting2

knitting1

cola

makreel

buku1

Salamaa Edisi IV

temu darat

soep pompoen

casava

kids


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA