>
Photobucket - Video and Image Hosting
:::Photobucket - Video and Image Hosting Selamat datang di Blog Salamaa :::
Home
About Us
Ceramah
Arsip



SILATURAHMISALAMA




Email salamaa05@yahoo.com
Gabung di Milist Salamaa

ramadhan

Image hosted by Photobucket.com
Sejenak, Berhentilah Bersama Ramadhan
Oleh: Ustdz. Agus Purwanto - Breda


"Barang siapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati" al Hajj 22 : 32

Dalam mengarungi bahtera kehidupan yang tidak lama, didalam kerutinitasan dan monoton, ada masanya kita harus berhenti sejenak dalam rangka menyegarkan suasana. Dan kita harus menyadari bersama bahwa hidup mutlak memerlukan terminal-terminal peristirahatan. Karena setiap kita dituntut untuk pandai membaca kapan saat-saat kita untuk menyegarkan kembali, ganti suasana didalam kerutinitasan hidup.

Allah memberikan terminal, untuk menyegarkan ingatan dan memperbaharui jati diri sebagai hamba Allah yang mempunyai misi hidup di dunia. Waktu yang diberikan cukuplah lama, dalam sebulan penuh kita diajak merenung kembali, sampai dimana kewajiban-kewajiban dilaksanakan, sejauh mana ibadah-ibadah dapat merubah gaya hidup serta interaksi dengan Allah. Sudah sampai dimanakah langkah kita sekarang, adakah misi hidup kita sebagai hamba, hanya menyembah Allah sudah total di kerjakan?

Marilah kita merenung sejenak dengan jeda yang akan sebentar lagi kita songsong, beberapa hari lagi dengan :

A. Kembali Kepada Allah Dengan Melakukan Ibadah-ibadah

1. Perbanyak dengan sholat Nafillah (Sunnah). Sholat merupakan jeda untuk merenungkan kembali tentang kebesaran Allah dan sekaligus untuk mendekatkan diri kepada Allah yang paling effektif. Sholat adalah tiang agama sebagaimana tertera dalam hadist "Barangsiapa yang mendirikan sholat telah mendirikan tiang agama".

Allah berfirman " Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Az Zarriyah 51 : 17-18

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat Nafillah. Melalui tahajud akan menambah energi hati dan keimanan kita kepada Allah. Dengannya akan terlihat bahwa betapa indahnya ketika dalam kesunyian manusia sedang terlelap, kita menghadap Rabb mengadukan kegundahan dan kegelisahan. Yakin bahwa tiada yang dapat memecahkan persoalan hidup dan apapun masalah yang dihadapi hanya Allah semata.

"Dan pada sebahagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabbmu mengangkat ke tempat yang terpuji".
al Isra : 79

Beruntunglah orang-orang yang malam harinya dihiasi dengan tahajud ria. Bening hatinya, sejuk jiwanya, tentram hidupnya bahkan Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda, juga akan diberkahi hidup di dunia.

Buya Hamka mengatakan "Jika kamu ingin melihat orang kesungguhannya maka lihatlah sholat subuhnya, jika kamu ingin meilhat orang benar-benar berjihad dalam hidupnya lihatlah sholat malamnya".

Rasul bersabda " Wahai sekalian manusia, sebarkan salam, beri makan orang miskin, dan shalatlah dimalam hari ketika orang-orang terlelap tidur. Dengan demikian, kalian akan masuk surga dalam keadaan sejahtera.

2. Membaca quran merupakan bekal yang ampuh untuk mengarungi kehidupan. Sebaik-baik zikir adalah dengan membaca quran. Jadi quran sebagai teman sejati disetiap kesempatan dan waktu kita baca, renungi dan amalkan.

Apabila seorang mu'min sudah konsisten membaca Al Quran dengan tenang, tadabbur dan khusyu, maka akan terbukalah belenggu-belenggu yang memborgol hatinya dan akan terpancar pula cahaya quran di jiwanya.

Sebagaimana firman Allah " Ini adalah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran" as Shad : 29

Pahala bagi yang membacanya sangatlah banyak, karena setiap huruf yang dibaca mendapatkan ganjaran 10 kebaikan.
Sebagaimana sabda Rasul " Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan dan kebaikan tersebut akan dibalas dengna sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa alif' Laam miim itu satu huruf, tapi aku mengatakan bahwa alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf"
HR At Turmudzi

3. Menjadikan masjid sebagai "Pasar Pahala". Rumah Allah yang satu ini merupakan luar biasa dahsyatnya dalam mempengaruhi gaya kehidupan seseorang. Akan hilang masalah dan problematika hidup masing-masing ketika rajin pergi ke mesjid. Melaksanakan sholat berjamaah, bertemu dengan orang-orang sholeh, dengannya menambah keimanan dan ketentraman hati.

setiap langkah akan di hapus dosa dan diberikan pahala. Jadi Allah benar-benar mengistimewakan bagi mereka yang selalu hatinya terpaut dengan masjid. Dalam hadist dikatakan bahwa mereka yang hatinya terpaut kepada masjid Allah menjanjikan dia surga sebagai balasannya.

Maka para sahabat mempunyai trik masing-masing dalam rangka mendapatkan janji Allah. Biasanya mensiasati diri mereka agar rumahnya jauh dari masjid, dengan pengertian bahwa semakin jauh semakin banyak pahala dan dosa terhapuskan.


B. Taubat

"Marilah kita berhenti sejenak untuk evaluasi diri"

Bertaubah adalah salah satu syiar yang Allah perintahkan kepada hambanya agar selalu ingat kepadaNya atas kesalahan dan kekhilafan yang telah di perbuat. Bertaubah berarti membersihkan diri dari kekerdilan dan kemaksiatan yang telah dilakukan. Bukan berarti bertaubah menghilangkan harga diri dan merendahkan martabat.

Jiwa akan berkarat seperti besi berkarat jika di diamkan saja. Membersihkan diri dari kemaksiatan yang telah diperbuat, dosa yang disengaja atau tidak dan dosa besar atau kecil. Semua itu adalah noda yang akan membuat jiwa dan hati mengarat. Jika sudah berkarat cahaya akan sulit masuk. sebagaimana Ali bin Abi Thalib berkata "Hiburlah jiwa
kalian, sesaat barang sesaat. Karena jiwa itu bisa berkarat. Seperti besi yang berkarat"

"Seandainya kalian berbuat salah, hingga kesalahan kalian mencapai langit, kemudian kalian bertaubat, niscaya Allah akan menghampuni". HR Ibnu Majah.

"Sesungguhnya Allah menerima taubat hamba selagi ajal belum sampai di ternggorokan" HR Ibnu Majah dan Tirmidzi

Taubat mendapat porsi perhatian yang sangat besar dalam Al Quran, sebagaimana yang tertuang di berbagai ayat dari surat Makkiyah maupun Madaniyah, diantaranya yang jelas dan nyata adalah :

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb kalian akan menghapus kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian kedalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia, sedang cahaya mereka mengatakan, "Wahai Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".
At Tahrim : 8

Marilah kaum muslimin kita bertaubat dalam rangka menyambut bulan suci, dimana kita dihentikan sejenak oleh Allah. untuk menenggok kembali sampai dimana kita menghambakan diri kepada Allah. Demi Allah tidak ada yang tertutupi ataupun samar-samar di hadapan Allah, hati-hati kita hanya milik Allah semata. Dia akan lebih tau apa yang tersirat dihati. Jangan mengira Allah tidak mengetahui kezhaliman yang telah kita perbuat, baik pada diri kita sendiri ataupun orang lain.

Bertaubatlah atas kesombongan yang telah kita perbuat, sombong dengan kekayaan yang kita miliki sehingga menghina orang lain. Sombong atas gelar yang telah kita dapati. Sombong karena kita sebagai atasan terhadap bawahan. Sombong karena mempunyai pangkat sehingga memandang rendah orang lain. Demi Allah, semua itu adalah ujian dan amanah, bukan untuk di banggakan apalagi untuk pamer. Semua itu akan dimintai pertanggung jawaban.

Sungguh menarik kisah yang dilakukan oleh almarhum Mohammad Natsir layat kita teladani. Ia membuka diri untuk masyarakat. Itu merupakan jeda rasa bersyukur kepada Allah. Sewaktu Muhammad Natsir masih menjabat perdana menteri, seorang pengurus musholla di daerah kwitang, dengan mudahnya menemui Natsir di kediamannya. Ia mengeluh soal tikar yang sudah rusak. Sewaktu Natsir yang menerimanya dengan sungguh-sungguh dan ramah menanyakan, mengapa tidak di ganti saja. Ketahuanlah persoalannya terletak pada ketiadaan dana. Serta merta Natsir memberikan orang itu uang milik Natsir sendiri.

Bertaubahlah atas keburukan hati kita, sering hati kita dengki kepada orang lain yang berhasil, iri ketika tetangga atau teman kerjanya berhasil. Usil kalau ada orang yang melebihi darinya. Pusing tujuh keliling kalau melihat patnernya naik jabatan. Sungguh merugi mereka yang mempunyai sifat buruk hati. Tidak pernah akan tentram dan tenang hatinya. Selalu saja stress dan gundah gulana.

Sebuah kisah kebeningan hati seorang menteri yaitu Hamid Al Abbas, beliau hendak menuju kebunnya. Dia melihat seorang bapak tua menangis sejadinya. Di sampingnya anak dan istrinya. Rumah satu-satunya yang mereka punyai telah terbakar. Tangis itu begitu menyayat hati sang menteri. Pengawalnya yang sedari tadi hanya terdiam mendapatkan perintah agar mendirikan kembali rumah itu sebelum malam tiba. Dan mengembalikan seluruh perkakas rumah dan isinya. Tidak cukup sampai di situ, setelah ashar itu rumah selesai didirikan, sang menteri memberi bapak tua itu modal sebesar lima ribu dirham. Keluarga yang hidup di jaman menteri yang tulus itu sangat beruntung. Mereka membalasnya dengan doa yang tulus pula.

Bertaubatlah atas kelancangan mulut kita, sering kita ngerumpiin orang lain tanpa disadari bahkan dengan sengaja. Memfitnah temannya sendiri atau tetangganya dengan bangga. Menggadu domba saudaranya sendiri dengan tanpa rasa bersalah. Sering juga mulut ini berbohong untuk kemaslahatan pribadi atau jabatan, bahkan agar orang menyukainya, ia selalu berbohong. Demi zat yang Maha Agung semua itu diketahui oleh Allah. Tidak ada yang tersembunyi dihadapan Allah.

Maka bertaubatlah saudaraku mumpung masih banyak kesempatan diberikan kepada kita. Bersyukurlah Allah akan menemukan kita bulan ramadhan yang akan datang, namun bersihkan diri kita masing-masing sebelum tamu agung kita menghampiri kita. Buanglah semua embel-embel dunia yang menyebabkan kita lupa kepada Allah, jauhkan hati dari buruk sangka, bersihkan akhlak dengan kemanisan iman.

Berhentilah sejenak, isilah ramadhan kali ini dengan seoptimal mungkin. Tundalah sementara kesibukkan kita yang melalaikan tamu kita.

Sebagaimana sebuah kisah pangeran Diponegoro dengan jendral de Kock pada ramadhan akhir Februari 1830. Pangeran Diponegoro memasuki Magelang, dari markas tentaranya di pegunungan Menoreh, untuk melanjutkan perundingan genjatan senjata dengan penjajah Belanda.

Ketika sudah memasuki bulan Ramadhan, Diponegoro dengan tegas menolak melanjutkan perundingan sampai bulan Ramadhan berakhir. Ia juga menegaskan, dalam bulan puasa ia tidak mau mengadakan perjanjian, tidak mau pikirannya terpecah. Ia ingin total khusyu beribadah.


SalaMAA @ 10:20 AM








LINKS
Daftar Makanan Haram
Radio Minaara
Binaurrijal
KZIS
Eramuslim
Kafemuslimah
Republika
Ummi
Fahima-Jepang
Kharisma-Jerman
Masjid ITS




GALERI WORKSHOP

Ito
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called workshop salamaa | delft 2007. Make your own badge here.


Jesty
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing photos in a set called WS Elly. Make your own badge here.

Ferry
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from workshop_salamaa2007. Make your own badge here.

Cuplikan Video Workshop

BERITA CUACA


PREVIOUS POST


Asi

salamaa11

plastik

dapur

niat

kmandi

cake

mfc

stranger

salamaaX


ARCHIVES
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
January 2007
February 2007
March 2007
April 2007
May 2007
June 2007
July 2007
August 2007
September 2007
October 2007
November 2007
December 2007
April 2008
June 2008
August 2008
September 2008
July 2009
September 2009
January 2010
May 2010
June 2010
July 2010
December 2010

Supported by
Blogger
Blogskins

Free JavaScript from

IKLAN ANDA